Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Simak, Ini 5 PTN Terbaik di Indonesia Timur

Arga sumantri • 04 Januari 2022 21:31
Jakarta: Ada banyak perguruan tinggi berkualitas di Indonesia yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan. Tak terkecuali di wilayah Indonesia timur.
 
Buat kalian yang berencana atau tertarik berkuliah di wilayah Indonesia timur, ada sejumlah kampus yang kualitasnya tak kalah dengan di Pulau Jawa, lho!
 
Sekadar informasi, wilayah yang termasuk ke dalam Indonesia Timur itu ada Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Papua. Salah satu keuntungan melanjutkan studi di perguruan tinggi yang ada di timur Indonesia, kalian bisa mampir ke lokasi yang terkenal dengan destinasi wisatanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Biologi Kelas X: Jenis, Ciri-ciri, dan Manfaat Lumut
 
Melansir Zenius, berikut ini 5 perguruan tinggi di Indonesia timur yang punya peringkat tertinggi dan terbaik dikutip dari data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemendikbudristek, berdasarkan situs pemeringkatan universitas seluruh dunia, Webometrics.

1. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin merupakan universitas negeri terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan. Universitas yang biasa disingkat Unhas ini menduduki peringkat 16 di Indonesia dan peringkat 2.715 di dunia berdasarkan Webometrics.
 
Kampus Unhas terletak di Kota Makassar dan sudah berdiri sejak 10 November 1956. Kualitas dan fasilitas dari Unhas sudah tidak diragukan lagi, sehingga bisa disebut sebagai salah satu universitas di Indonesia Timur favorit yang paling diminati. 
 
PTN yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan ini sudah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 5238/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017 yang berlaku mulai 27 Desember 2017 sampai 27 Desember 2022. 
 
Seperti PTN pada umumnya, jalur masuk Universitas Hasanuddin ada tiga, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan Jalur Mandiri. Untuk estimasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester di Unhas yakni Rp500.000 – Rp20.000.000.
 
Luas wilayah Universitas Hasanuddin adalah sebesar 220 hektare. Selain itu, Unhas telah memiliki beberapa fakultas sebagai berikut:
  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Budaya
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Kedokteran
  6. Fakultas Kedokteran Hewan
  7. Fakultas Kelautan dan Perikanan
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Fakultas Pertanian
  10. Fakultas Peternakan
  11. Fakultas Pariwisata
  12. Fakultas Teknologi Pertanian
  13. Fakultas Teknik

 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif