Ilustrasi: MI
Ilustrasi: MI

Teliti Hepatitis Akut, BRIN Bakal Gandeng Kemenkes, Lembaga Riset Hingga Kampus

Pendidikan penelitian Riset dan Penelitian kemenkes Perguruan Tinggi BRIN Hepatitis Akut
Ilham Pratama Putra • 12 Mei 2022 15:56
Jakarta:  Kasus hepatitis akut menjadi ketakutan baru bagi masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang belum berakhir. Untuk mendeteksi hepatitis akut yang masih misterius ini, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) akan menggandeng banyak pihak untuk melakukan penelitian.
 
"BRIN akan merespons dengan kegiatan riset hepatitis dan tentunya akan ada sinergi dengan Kementerian Kesehatan dan juga perguruan tinggi dan lembaga riset swasta," kata Kepala Organisasi Riset Kesehatan BRIN, Indi Dharmayanti dalam konferensi pers daring BRIN, Kamis 12 Mei 2022.
 
Ia menjelaskan, penelitian ini tak sekadar untuk mendeteksi dini penyakit hepatitis akut. Namun juga melihat respons penyakit hepatitis akut lebih jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu pihaknya juga akan melakukan pengembangan bahan baku obat. yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan terapi.  "Eksplorasi pengembagan bahan baku obat, dan pengembangan terapi dan obat. Contohnya pada kasus covid-19 akan ada obat-obat yang dari luar akan diujicoba di Indonesia," tuturnya.
 
BRIN, kata dia, memiliki kemampuan yang cukup untuk meriset penyakit ini. BRIN menurut Indi telah memiliki fasilitas yang cukup dalam mendeteksi hepatitis akut.
 
"Banyaknya hipotesis yang berkembang dan banyaknya hal yang belum diketahui, BRIN dalam hal ini punya SDM periset handal dan peralatan lengkap. Saya rasa sangat cukup sangat lengkap untuk ukuran Indonesia dalam mengerjakan genomic kemudian secara strukutr virus sampai uji preklinik," pungkas dia.
 
Baca juga:  Peneliti BRIN Duga Terdapat Adenovirus Tipe 41 dalam Hepatitis Akut
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif