Alat pengering kerupuk otomatis buatan ITS. Foto: Dok Humas ITS.
Alat pengering kerupuk otomatis buatan ITS. Foto: Dok Humas ITS.

Bantu UMKM, ITS Ciptakan Alat Pengering Kerupuk Otomatis

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi ITS
Arga sumantri • 08 Januari 2021 07:11
Surabaya: Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat alat pengering kerupuk otomatis untuk meningkatkan produksi kerupuk ikan. Inovasi ini guna menyiasati proses pengeringan tradisional menggunakan panas matahari yang seringkali terkendala cuaca.
 
Dosen pembimbing tim KKN, Brian Raafi’u mengungkapkan, inovasi ini berawal dari keprihatinan terhadap tidak maksimalnya hasil produksi kerupuk ikan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kerupuk Cumi di Desa Wringinputih, Muncar, Banyuwangi. 
 
"Pandemi covid-19 juga ikut memperburuk keadaan, terutama dalam hal pengadaan barang dan akses produksi," kata Brian melalui keterangan tertulis yang dikutip Jumat, 8 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Mahasiswa ITS Sulap Kotoran Sapi Jadi Energi Listrik
 
Ia menambahkan, proses pengolahan, utamanya pengeringan kerupuk masih bergantung terhadap panas matahari. Padahal, kata dia, sumber pemanas untuk proses pengeringan dapat dibuat secara hemat biaya dengan sentuhan teknologi modern. 
 
"Dan yang pasti dapat mempercepat keringnya kerupuk tanpa memikirkan cuaca yang berubah-ubah," jelas dosen Departemen Teknik Instrumentasi ITS ini.
 
Alat pengering ini dikembangkan bersama Tim KKN dari Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Instrumentasi, dan Departemen Teknik Fisika. Alat pengering kerupuk otomatis ini dibuat dengan bahan yang mudah didapat. 
 
"Bahkan alat ini dapat dibuat dari kayu bekas yang tentunya hemat biaya sebagai media pengeringnya," tutur Brian.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif