Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. Kemenristek
Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. Kemenristek

Menristek Izinkan Kampus Gunakan Laboratorium Puspiptek

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 13 Januari 2021 15:42
Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengizinkan penggunaan Laboratorium Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) untuk perguruan tinggi. Sekalipun perguruan tinggi itu adalah milik swasta.
 
Salah satunya, ialah Institut Teknologi Indonesia (ITI). Menristek/ Ka BRIN, Bambang Brodjonegoro telah menandatangani nota kesepahamaan dengan ITI agar kampus tersebut dapat memanfaatkan fasilitas yang ada laboratorium Puspiptek.
 
"Kemenristek BRIN ingin memberikan dukungan, baik untuk kerja sama penelitian maupun fasilitas laboratorium itu sendiri," ujar Bambang dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan ITI tentang Riset, Inovasi, dan Pengabdian Masyarakat secara Daring, Rabu, 17 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan Bambang menyebut, dukungan Kemenristek juga dapat berupa bantuan Sumber Daya Manusia (SDM) peneliti. Nantinya, kampus dan peneliti dapat berkolaborasi untuk kemajuan penelitian dan teknologi negara.
 
Baca juga:  Pakar Imunologi UGM Imbau Masyarakat Tak Ragu Divaksin
 
Menurut Bambang, jika kampus,terlebih Perguruan Tinggi Swasta harus membangun fasilitas laboratorium yang memadai, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu pihaknya mendorong penggunaan laboratorium tersebut.
 
"Karena bisa kita bayangkan betapa sulitnya memenuhi kebutuhan laboratorium itu," ujarnya.
 
Lebih jauh, kolaborasi itu akan mendorong mahasiswa terbiasa berhubungan dengan peneliti yang mumpuni.  Sehingga produk lulusan perguruan tinggi mampu menjawab tantangan ke depan.
 
"Kita jadi mampu menjawab relevansi secara global, dan perguruan tinggi terbiasa menjalin kerja sama untuk pengembangan teknologi.  Ini akan memberikan nilai tambah yang besar untuk kita bisa mengejar apa yang terbaru dalam dunia penelitian," tutupnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif