Ilustrasi PPDB. Foto: MI/Barry Fathahilah
Ilustrasi PPDB. Foto: MI/Barry Fathahilah

FSGI Minta Kemendikbud Pelototi Juknis PPDB

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2020
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Juli 2020 17:11
Jakarta: Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta sebagai evaluasi untuk perbaikan PPDB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memeloti Petunjuk Teknis yang diajukan oleh Dinas Pendidikan. Sehingga kejadian tidak sinkronnya Juknis dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Peremendikbud) tentang PPDB tidak terjadi lagi.
 
“Mestinya Kemendikbud membaca lagi juknis 512 kabupaten/kota dan 34 provinsi. Dibaca, dinilai, sesuai enggak,” kata Satriwan dalam dalam diskusi virtualCrosscheck Medcom.idbertajuk 'PPDB Amburadul, Mas Menteri Please Muncul', Minggu, 5 Juli 2020.
 
Dengan begitu Kemendikbud bisa langsung mensupervisi daerah yang juknisnya tidak sesuai dengan Permendikbud saat ini, yakni Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019, tentang PPDB jentang TK, SD, SMK, hingga SMA/MA/SMK. Bukan ketika ada permasalahan, ucap Satriwan, baru dicari solusinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Harus disupervisi. Ini sudah kejadian baru (dilakukan),” ujarnya.
 
Baca juga:FSGI: Sekolah Nonformal Bisa Jadi Pilihan Orang Tua
 

Selain itu, ia juga mendorong agar Dinas Pendidikan tidak terlalu mepet dalam mengajukan juknisnya. Bagitu juga dengan Kemendikbud yang baru mengeluarkan Permendikbud pada Desember 2019.
 
“Empat tahun memang begitu terus. Daerah mengajukan Juknis ke Mas Menteri, bulan apa? Setahu saya Februari, ada bahkan bulan Mei,” ungkap Satriwan.
 
Untuk itu, lanjutnya, permasalahan ini harus segera dituntaskan untuk perbaikan PPDB ke depan. Sehingga tidak ada lagi kekeliruan kolektif yang dilakukan daerah dan pusat. “Harusnya evaluasi Permendikbud tentang PPDB ini tiap tahun dilakukan oleh Pemda termasuk Kemendikbud. Sehingga tahun depan ada perbaikan,” tuturnya.

 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif