Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud, Jumeri. Foto: Zoom
Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud, Jumeri. Foto: Zoom

Sekolah Diminta Lockdown 3 Hari Jika Ditemukan Kasus Covid-19

Pendidikan jam masuk sekolah Virus Korona Pembelajaran Daring Pembelajaran Tatap Muka
Ilham Pratama Putra • 08 April 2021 20:25
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas kepada sekolah yang guru dan tenaga kependidikannya telah divaksinasi.  Namun jika ditemukan kasus covid-19 saat PTM terbatas, sekolah harus ditutup minimal 3 X 24 jam.
 
"Dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) disebutkan, jika ada penularan covid di satuan pendidikan, maka minimal 3 kali 24 jam, sekolah itu harus di-lockdown, istilahnya ditutup," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Jumeri, dalam webinar Bincang Pendidikan, Kamis 8 April 2021.
 
Kemudian, sekolah perlu berkoordinasi dengan para pihak terkait, seperti dinas kesehatan (dinkes), dinas pendidikan (disdik) serta puskesmas ketika terjadi kasus covid-19 di sekolah. Hal ini dilakukan agar ada penanganan yang baik guna mencegah terjadinya klaster covid-19 di sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Vaksin Masih Langka, Vaksinasi Guru Belum Bisa Tancap Gas
 
Dengan begitu diharapkan nantinya sekolah melakukan penangan yang baik pula. Mulai dari pembersihaan hingga penyemprotan disinfektan.
 
"Dilakukan pembersihan, pencucian dan disinfeksi untuk bisa memastikan bahwa sekolah tidak bisa digunakan (sementara). Kepada yang sakit ditangani dengan baik," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Jumeri menginginkan semua satuan pendidikan memenuhi daftar periksa guna menjaga protokol kesehatan ketika dilakukan PTM terbatas. Hal tersebut adalah wajib sekaligus mengurangi potensi penularan virus korona di sekolah.
 
"Ketika sekolah itu terjadi klaster sebenarnya umumnya terjadi pelanggaran prokes. Tidak hati-hati, tidak sungguh-sungguh dalam menjaga prokes," tutup dia.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif