Terlibat Sindikat Ijazah Aspal Harus Dipidanakan

Komisi X Segera Panggil Menristekdikti Terkait Ijazah Aspal

Intan Yunelia 28 November 2018 12:59 WIB
ijazah palsu
Komisi X Segera Panggil Menristekdikti Terkait Ijazah Aspal
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, MI/Muhammad Irfan.
Jakarta: Komisi X DPR RI dalam waktu dekat akan segera memanggil Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir.  Pemanggilan tersebut untuk meminta klarifikasi, terkait dugaan kasus jual beli ijazah asli tapi palsu (aspal), yang diduga membawa nama bawahannya. 

"Mudah mudahan dalam waktu sekitar minggu depan, kita lihat jadwalnya Pak Menteri yang terdekat,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat dihubungi Medcom.id, Rabu 28 November 2018.


Komisi X pun akan melakukan evaluasi terhadap dugaan kasus ini. Pasalnya, ini bukan kali pertama persoalan jual beli ijazah aspal terjadi,  dan belum ada tindakan tegas dari Kemenristekdikti pada kasus-kasus sebelumnya. 

“Nanti mungkin Menteri Nasir yang akan melaporkan, sebenarnya situasinya seperti apa,terus memberikan laporan penanggung jawaban juga gitu.  Apa saja yang sudah dilakukan, kemudian juga di mana permasalahannya apakah betul ada orang-orang yang terlibat, apakah itu sepengetahuan menteri atau tidak,” jelas Politisi Golkar ini.

Baca: Ungkap Sindikat Ijazah Aspal, Jurnalis Tirto Dipidanakan

Hetifah juga meminta ada sanksi tegas dan pidana kepada siapapun yang terlibat dalam kasus ini. Tak terkecuali oknum pejabat di kementerian. 

“Sanksinya berbentuk pidana menurut saya, ini bukan soal sanksi atau nanti dia dimutasi atau gimana, karena menurut saya nggakcukup ya. Kayak gitu, harus ini masuk ranah pidana juga, kejahatan soalnya,” terang Hetifah.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id