Chairperson UI GreenMetric Prof Riri (tengah batik) bersama Pimpinan Universitas Penerima UI GreenMetric Award, UI/Humas.
Chairperson UI GreenMetric Prof Riri (tengah batik) bersama Pimpinan Universitas Penerima UI GreenMetric Award, UI/Humas.

Penyerahan Penghargaan UI GreenMetric Dilakukan di Irlandia

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 23 April 2019 19:05
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) GreenMetric secara resmi menyerahkan penghargaan kepada Perguruan Tinggi Terhijau di Dunia tahun 2018/2019. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini
 
Nama-nama perguruan tinggi tersebut sebelumnya telah dirilis pada Desember 2018 lalu. Namun penyerahan penghargaannya baru dilakukan bersamaan dengan“The 5th International Workshop on UI GreenMetric World University Ranking” di University College Cork, Irlandia pada 14 – 16 April 2019.
 
Kesepuluh perguruan tinggi penerima penghargaan tersebut meliputi Wageningen University and research (Belanda), University of Nottingham (Inggris), University of California Davis (Amerika Serikat), Univeesitt of Oxford (Inggris), Nottingham Trent University (Inggris), Umweltt Campus Birkenfeld (Jerman), University of Groningen (Belanda), Bangor University (Inggris), University College Cork (Irlandia), University of Connecticut (Amerika Serikat).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara perguruan tinggi di Indonesia yang mendapat penghargaan UI GreenMetric adalah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Islam Indonesia, Universitas Padjadjaran, Telkom University
 
Ketua Jaringan UI GreenMetric, Riri Fitri Sari menuturkan, gerakan global yang telah dilakukan UI ini semakin berkembang dan mendapat perhatian lebih dari 800 universitas sedunia. "UI GreenMetric menggunakan metrik pengukuran yang ditetapkan menjadi indikator keberhasilan kepemimpinan di kampus," ujar Riri dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
 
Pengukuran tersebut sekaligus sebagai nilai tambah kampus era pembelajaran berbasis cyber. Kampus-kampus hijau perguruan tinggi di Irlandia seperti UCC, Limerick University dan Universitas Universitas terkemuka di Dublin menjadi contoh pengelolaan berbasis rendah karbon dan ekonomi sirkular.
 
Pemeringkatan UI GreenMetric telah menjadi ajang kompetisi yang populer dan prestisius bagi kampus-kampus yang merefleksikan indikator kampus indah, hijau, teratur, ramah lingkungan, terdepan dalam pengelolaan sampah, air, energi, transportasi dan gedung cerdas. Selain itu juga pendidikan dan riset yang bercirikan konsep pembangunan berkelanjutan.
 
UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. "Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini," terang Riri.
 
Baca: Kampus Terhijau Versi UI GreenMetric 2018
 
Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis pengelolaan lingkungan hidup kampus, UI GreenMetric menggelar acara tahunan bertajuk “The 5th International Workshop on UI GreenMetric World University Ranking”. Acara ini dihadiri lebih dari 87 pimpinan Universitas sedunia dari 37 negara.
 
Pertemuan ini diselenggarakan di Eropa, tepatnya di University College Cork, Irlandia pada 14 – 16 April 2019 lalu. Wakil Perdana Menteri Irlandia Simon Coveney hadir membuka dan mengapresiasi gagasan Universitas Indonesia (UI) melalui UI GreenMetric sebagai Gerakan Kepemimpinan Global.
 
Melalui acara ini, diharapkan UI GreenMetric dapat membentuk jaringan Perguruan Tinggi yang dapat saling bekerja sama dan memberikan energi kemajuan bagi pengembangan infrastruktur universitas yang makin maju, terintegrasi dan memperhatikan kesinambungan lingkungan hidup.
 
Sebanyak 48 pimpinan universitas menyiapkan makalah lengkap berupa kunci pengembangan universitas, agar senantiasa memperhatikan upaya menjaga kesinambungan lingkungan hidup. Selain itu juga sebagai pusat perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, terutama mengenai tujuan nomor 13 Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif