Pengamat pendidikan Doni Koesoema. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Pengamat pendidikan Doni Koesoema. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Balai Latihan Kerja Vokasi Disebut Tak Punya Pengembangan Kemampuan Kekinian

Pendidikan pendidikan Vokasi Balai Latihan Kerja (BLK)
Ilham Pratama Putra • 26 April 2022 13:59
Jakarta: Pengamat pendidikan Doni Koesoema mengatakan Balai Latihan Kerja (BLK) pendidikan vokasi saat ini kurang menjawab tantangan zaman. Dia menyebut saat ini kebanyakan pelatihan yang diberikan BLK masih berorientasi pada kebutuhan tenaga kerja terdahulu.
 
"BLK kita ini perlu dimodifikasi, kebanyakan pelatihan hari ini malah yang banyak mekanikal," kata Doni di Medcom Hari Ini dalam siaran Instagram @medcomid, Selasa, 26 April 2022.
 
Doni menyebut keterserapan tenaga kerja di bidang mekanik saat ini tidak terlalu besar. Seharusnya, BLK beradaptasi guna menyesuaikan kebutuhan dunia kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misalnya kita saat ini tidak memilkiki BLK untuk coding, programmer, desain komunkasi visual, ini kan kebutuhan yang sangat dicari saat ini," tutur dia.
 
Dia juga menilai program yang dijalankan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait link and match masih membingungkan dan kurang efektif. Doni menyebut pelajar vokasi masih kesulitan bisa memenuhi kebutuhan industri.
 
"Jadi, sejauh ini yang kami lihat Kampus Merdeka dengan link and match itu bukan untuk mempersiapkan orang untuk masuk dunia kerja," kata dia.
 
Baca: Bisa untuk Pengembangan SDM Vokasi, Kondisi Balai Latihan Kerja Justru Memprihatinkan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif