Kampus UI. Foto: Dok. UI
Kampus UI. Foto: Dok. UI

Fakultas Teknik UI: Jurusan dan Daya Tampung 2022

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Mahasiswa Program studi jurusan kuliah
Medcom • 19 April 2022 19:30
Jakarta:  Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu primadona calon mahasiswa baru. Bagaimana tidak, fakultas ini terkenal dengan kualitas pendidikan yang unggul, di mana semua jurusannya telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
 
Berbicara tentang jurusan, fakultas yang resmi berdiri pada 17 Juli 1964 ini memiliki 13 program studi. Dikutip dari laman Zenius, berikut masing-masing ulasannya:

1. Teknik Sipil

Pada program studi ini, mahasiswa bakal mempelajari pengaplikasian prinsip-prinsip teknik dalam pembangunan, mulai dari jalan, gedung, jembatan, hingga pemeliharaan bangunan. Adapun beberapa mata kuliah yang dipelajari ialah Sistem Rekayasa Sipil, Properti Material, Gambar Konstruksi, dan Mekanika Fluida.
 
Calon mahasiswa bisa mencoba masuk jurusan ini melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Berikut perbandingan daya tampung di 2022 dengan peminat di tahun sebelumnya:
  • SNMPTN: 18 kursi/275 pendaftar
  • SBMPTN: 27 kursi/632 pendaftar
  • SIMAK: 45 kursi/ 2.406 pendaftar

2. Teknik Lingkungan

Pada prodi ini, mahasiswa akan dibekali ilmu terkait perencanaan dan pelaksanaan. Selain itu, juga pengelolaan sanitasi lingkungan, penanganan berbagai macam limbah, penyediaan air minum, pencegahan pencemaran, hingga analisis dampak lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski tergolong baru, di mana resmi berdiri pada 2006, kualitas prodi Teknik Lingkungan tak perlu diragukan. Jurusan ini menggunakan kurikulum yang mengacu pada International Engineering Alliance (IEA) yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
 
Terdapat tiga jalur masuk bagi calon mahasiswa, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Berikut perbandingan daya tampung di 2022 dengan peminat di tahun sebelumnya:
  • SNMPTN: 14 kursi/174 pendaftar
  • SBMPTN: 21 kursi/346 pendaftar
  • SIMAK: 35 kursi/1.718 pendaftar

3. Teknik Mesin

Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari sejumlah teori, di antaranya teknik mesin dan visualisasi pemodelan mesin, termodinamika, serta pemrograman teknik. Selain teori, mahasiswa juga berkesempatan melakukan praktik memahami komponen mesin.
 
Terdapat beberapa peminatan pada jurusan Teknik Mesin, yaitu Konversi Energi, Sistem Manufaktur dan Otomasi, Perancangan Manufaktur Produk, Teknik Kendaraan dan Peralatan Berat, serta Rekayasa Sistem Utilitas Bangunan dan Keselamatan Kebakaran. Peminatan ini bisa dipilih ketika memasuki tahun ketiga perkuliahan.
 
Sama seperti jurusan lainnya, tersedia tiga jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Berikut perbandingan daya tampung di 2022 dengan peminat di tahun sebelumnya:
  • SNMPTN: 16 kursi/167 pendaftar
  • SBMPTN: 24 kursi/ 518 pendaftar
  • SIMAK: 40 kursi/ 1.574 pendaftar

 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif