Kondisi terkini salah satu ruang kuliah di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, pascagempa 7,4 SR pekan lalu. Dokumentasi Universitas Tadaluko.
Kondisi terkini salah satu ruang kuliah di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, pascagempa 7,4 SR pekan lalu. Dokumentasi Universitas Tadaluko.

Rp6,5 Triliun Dianggarkan untuk Renovasi PTN

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 28 Mei 2019 14:38
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai merenovasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mengalami kerusakan parah. Anggaran sebesar Rp6,5 triliun akan digelontorkan untuk renovasi ini.
 
Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP), Iwan Suprijanto mengatakan, bahwa di 2019 ini KemenPUPR akan melanjutkan pembangunan 41 PTN dan Sembilan PTKIN yang tidak terawat.
 
“Pembangunannya ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2020. Untuk penanganan fasilitas pendidikan tersebut dianggarkan sebesar Rp6,5 Triliun,” kata Iwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pendidikan di Bumi Tadulako Berdenyut Kembali
 
Proses renovasi ini diprioritaskan bagi PTN dan PTKIN yang memiliki tanah milik atas nama PTN, PTKIN atau lembaga dan kementerian terkait. Selain itu tanah bangunan tersebut tidak dalam sengketa atau masalah hukum, diprioritaskan bangunan yang kondisi tidak rampung lebih dari 50 persen yang memiliki Amdal dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) telah dilakukan audit dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan audit kelalaian bangunan.
 
Dalam penanganannya, kata Iwan, Kementerian PUPR sangat memperhatikan aspek kehati-hatian. Di mana proses renovasi harus diawali dengan audit teknis kelayakan bangunan, kemudian dilakukan kajian teknis terhadap struktur bangunan,
 
"Baru kemudian kita lakukan perencanaan teknis atau review terhadap perencanaan sebelumnya, sebelum kita membangun kembali,” ujar Iwan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif