Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Bikin Gaduh, Penyusunan Permendikburistek PPKS Dinilai Tergesa-gesa

Pendidikan pelecehan seksual Kebijakan pendidikan kekerasan seksual Pelecehan Seksual di Kampus Permendikbud PPKS Permendikbud Pencegahan Kekerasan Seksual
Ilham Pratama Putra • 09 November 2021 16:15
Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) menuai kontroversi. Sebab, dalam Pasal 5 Permendikbudristek tersebut tersirat tindakan kekerasan seksual bisa dilegalkan jika mendapat persetujuan korban.
 
Rektor Universitas Widya Mataram, Edy Suandi Hamid polemik itu muncul karena pihak Kemendikbudristek melakukan kekeliruan dalam proses pembahasannya. Permendikbudristek dinilai disusun secara terburu-buru.
 
"Sebenarnya terjadi blunder, harusnya tidak perlu tergesa-gesa, sehingga menimbulkan kegaduhan," terang Edy kepada Medcom.id, Selasa, 9 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Akademisi Minta Kemendikbudristek Gercep Cabut Permendikbudristek PPKS
 
Dia mengatakan seharusnya ada diskusi mendalam untuk merancang peraturan yang sensitif tersebut. Apalagi, perkara kekerasan seksual terus bergulir di dunia pendidikan.
 
"Jadi himpun dulu masukan, diskusi, sosialisasi, uji publik. Ini perlu, karena ini isu yang sensitif. Enggak perlu terburu-buru sehingga menjadi sesuatu yang tdk produktif," lanjutnya.
 
Dengan begitu, Edy berharap jika Permendikbudristek 30/2021 dapat direvisi. Sebab, ia menilai terdapat poin yang tidak sesuai dengan nilai bangsa terkait agama, Pancasila dan kultur hidup.
 
"Jadi perlu ada revisi aturan itu, dan dilakukan sosialisasi dengan menampung masukan dari berbagai lembaga  yang relevan. Supaya isinya tidak kontroversial dan bertentangan dengan norma yang hidup di Indonesia," tutupnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif