Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.
Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.

Mendikbud: Idulfitri Merajut Kembali Persaudaraan

Pendidikan Mudik Lebaran 2019
Citra Larasati • 05 Juni 2019 08:08
Jakarta:Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy merayakan hari kemenangan Idulfitri di kampung halamannya di Madiun, Jawa Timur. Bagi Muhadjir, Idulfitri tahun ini menjadi momentum memperbanyak silaturahmi, di mana dalam konteks lebih khusus dimaknai untuk kembali merajut persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Tidak jauh beda dengan Idulfitri pada umumnya, hari kemenangan lekat dengan momentum saling memaafkan dan bersilaturahmi. Demikian pula tradisi yang dijalankan oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy dalam merayakan hari kemenangan tahun ini.
 
"Seiring bertambahnya usia, Idulfitri digunakan untuk memperbanyak silaturahmi, terutama dengan keluarga dekat, kerabat, dan sahabat yang lebih tua," kata Muhadjir saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Rektor IPB: Lebaran Momen Kumpul dengan Si Sulung dari Amerika
 
Dalam perspektif yang lebih esoteris, kata Muhadjir, Idulfitri menjadi momentum berharga untuk merajut kembali persaudaraan, menjahit kembali semangat kerukunan dan gotong royong. "Merelaksasi ketegangan sosial setelah mengalami kontraksi akibat kontestasi politik beberapa waktu yang lalu," terang mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.
 
Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, ia selalu mengupayakan untuk dapat berlebaran di tanah kelahirannya, Madiun, Jawa Timur. Pada kesempatan itu biasanya ia bersama sanak saudara melacak kembali jejak perjalanan hidup sejak ia masih kecil hingga saat ini.
 
"Tapi paling ditunggu-tunggu itu ya makan menukhas Pecel Madiun dan ayam panggang yang resep bumbunya diwariskan dari almarhumah ibu saya," tutup Muhadjir.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif