Paduan Suara saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya. Jakarta, Humas Kemendikbud.
Paduan Suara saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya. Jakarta, Humas Kemendikbud.

Mendikbud: Pancasila Perkuat Daya Tahan Bangsa

Pendidikan hari kesaktian pancasila
Intan Yunelia • 01 Oktober 2018 17:12
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengimbau agar anak muda Indonesia tidak melupakan sejarah kelam yang terjadi 1965 lalu. Ia meminta setiap generasi muda membumikan Pancasila, sebagai ideologi bangsa.
 
"Negara ini mengalami berbagai macam ujian, namun ujian itu semakin memperkuat daya tahan bangsa ini dalam menjaga, mengamankan dan mengamalkan pancasila. Itu yang harus diambil manfaatnya," kata Muhadjir usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 2018.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan, demi membumikan Pancasila ia akan memberikan pengarahan dan diskusi kepada anak-anak berprestasi serta yang memiliki passion di bidang pendidikan, kebudayaan, kesenian tentang pancasila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita perlu satu barisan baru dari anak muda, khususnya yang memaknai pancasila dalam kehidupan nyata, dan kehidupan konkret dengan cara serta bahasanya sendiri juga," terang Hilmar.
 
Baca:NasDem Tekankan Pancasila bukan Sekadar Ideologi
 
Pesan dan penanaman nilai-nilai pancasila kepada kelompok milenial amat penting. Ada proses alih generasi di mana tantangan mereka dalam mempertahankan ideologi Pancasila berbeda dengan generasi pendahulunya.
 
"Tentunya dalam rangkaian kegiatan hari kesaktian pancasila ini, sehingga saktinya sekarang kan pasti tantangannya berbeda dibandingkan katakanlah 40 tahun lalu atau 50 tahun lalu," tuturnya.
 
Direktorat Jenderal Kebudayaan akan bekerjasama dengan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) melalui ideologi pancasila dalam forum ini. Tantangan tersebut akan berhubungan dengan revolusi industri 4.0
 
"Jadi semua tantangan ini termasuk revolusi industri 4.0, perkembangan ekonomi, tantangan geopolitik dimana memerlukan pembaruan pemikiran,"pungkasnya
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif