Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruang Guru, Adamas Belva Syah Devara. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruang Guru, Adamas Belva Syah Devara. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

'Konsep Kilat' Ala Ruangguru Bantu Siswa Hadapi UTBK

Pendidikan Metode Pembelajaran
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Januari 2020 19:44
Jakarta: Ruangguru memasuki tahun 2020 terus menambah fitur layanan di aplikasinya. Terbaru, aplikasi yang memberikan layanan dan konten pendidikan itu menyediakan fitur bernama Konsep Kilat, untuk membantu siswa di kelas XII dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara menjelaskan, fitur Konsep Kilat ini tak berisi materi hafalan. Melainkan intisari dari materi-materi kelas X sampai XII.
 
Karena, kata Belva, sangat sulit jika UTBK hanya mengandalkan jurus hafalan. Untuk itu guru dan siswa harus memahami konsep dasar dari materi di setiap mata pelajaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Belva menyebut fitur ini hadir sebagai jawaban bagi siswa yang baru mulai belajar untuk UTBK. "Banyak anak baru belajarnya sekarang, setiap tahun awal semester dua, aduh, tinggal tiga bulan mau ujian. Ngapain aja? Main-main? Jadi kami gabungkan Konsep Kilat. Tetap konsepnya, tapi kami racik sedemikian rupa ini intisari dari pelajaran kelas 10,11,12 yang bisa dipelajari oleh yang bahkan baru mulai belajar mempersiapkan UTBK," jelas Belva di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Dengan materi-materi yang disajikan dalam bentuk intisari dari materi kelas 10 sampai 12, siswa tidak kewalahan harus belajar dari awal. Pasalnya, materi dan topik mata pelajaran tidak sedikit.
 
"Enggak perlu lagi belajar dari awal sampai akhir, karena itu banyak sekali, topiknya juga banyak. Ini sudah kami rangkum, intisari konsepnya yang paling penting mereka harus kuasai di semua mapel. Bisa fokus belajarnya dan sukses di UTBK," terang Staf Khusus Presiden ini.
 
Seperti khasnya Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Indonesia ini menyajikan materi-materi dalam bentuk video. Belva memastikan video yang ada di fitur Konsep Kilat ini adalah terobosan baru.
 
"Sudah bisa diakses. Video-video baru semua, yang rangkuman instisari, konsep yang harus mereka kuasai, dalam waktu 3-4 bulan sebelum UTBK," kata pria 29 tahun ini.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif