Kongres Kebudayaan Indonesia 2018

KKI 2018 Ditarget Lahirkan Kebijakan Strategis

Citra Larasati 03 Desember 2018 18:00 WIB
kebudayaan
KKI 2018 Ditarget Lahirkan Kebijakan Strategis
Jumpa Pers Kongres Kebudayaan Indonesia, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta,, Kemendikbud/BKLM.
Jakarta:  Penyelenggaraan Kongres Kebudayaan (KKI) tahun ini ditargetkan dapat menghadirkan kebijakan strategis berupa Strategi Kebudayaan Nasional. Strategi Kebudayaan tersebut akan berlaku sampai 20 tahun ke depan. 

"Strategi kebudayaan ini terdapat di pasal 13 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," kata Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.


Setelah ditetapkan Presiden, Strategi Kebudayaan, akan berlaku sampai 20 tahun ke depan. Maka, usai KKI, Kemendikbud akan segera menyerahkan Resolusi Kongres ke berbagai kementerian dan lembaga yang memiliki tanggung jawab terkait sektor kebudayaan.

"Jadi, kita harapkan hasil dari kongres ini konkret atau nyata," kata Hilmar. 

Ditambahkan Hilmar, saat ini ada 296 Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) kabupaten/kota dari total 514 kabupaten/kota. Dan 28 PPKD tingkat provinsi dari 34 provinsi. "Jujur saja ini melampaui target awal kita," ujarnya. 

Baca: Pengelolaan Cagar Budaya Harus Jadi Perhatian KKI

Setidaknya terdapat tiga hal utama yang menjadi tujuan KKI 2018. Di antaranya adalah sebagai tempat membuat kebijakan, tempat untuk belajar, dan menghadirkan ruang terbuka bagi publik. 

Beragam agenda di dalam KKI menghadirkan para narasumber berkompeten dari berbagai bidang keilmuan dan profesi. Peserta kongres diajak untuk dapat belajar dari berbagai bidang yang terkait dengan pemajuan kebudayaaan.

Selain kuliah umum, KKI juga menghadirkan debat publik, diskusi inspirasi kerja budaya, dan pidato kebudayaan.  Sebagai ruang terbuka, KKI diharapkan menjadi tempat masyarakat berinteraksi.  Beragam kegiatan menyenangkan, menambah wawasan, serta memfasilitasi penguatan dan perluasan jejaring telah disiapkan oleh panitia. 



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id