Rektor IPB: 128 Jumlah SKS Ideal
Rektor IPB, Arif Satria, Medcom.id/Citra Larasati.
Jakarta:Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria menyambut positif wacana Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan menyederhanakan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) di perguruan tinggi.

Arif mengatakan, jumlah SKS bagi jenjang Strata Satu (S1), idealnya 128 SKS.  “Ideal SKS itu 128,” kata Arif saat dihubungi Medcom.id, di Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.


Jumlah 144 SKS yang berlaku saat ini, menurutnya menghambat kreativitas mahasiswa.  Selain itu, juga membebani biaya kuliah mahasiwa.

“Harusnya mahasiswa punya kesempatan untuk kembangkan soft skill,” ujar Arif.

Baca: Penyederhanaan SKS Jangan Sampai Kurangi Kompetensi

Kata Arief, tantangan yang dihadapi di era revolusi industri 4.0, lebih besar. Kualitas mahasiwa tidak diukur dari berapa banyak jumlah SKS yang diambilnya, tetapi dituntut memiliki keahlian khusus lainnya.

“Era sekarang membutuhkan soft skilldan mahasiswa harus dibekali dengan soft skill yang kuat agar bisa survivedi era disrupsi teknologi ini,” tutur Arif.

Sebelumnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristedikti), Mohamad Nasir mengatakan wacana pengurangan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) tak membuat lulusan perguruan tinggi menjadi berkurang kompetensinya. Wacana tersebut masih dikaji mendalam bersama pejabat-pejabat terkait.

“Saya melihat 144 SKS itu, ada mata kuliah yang tumpang tindih. Bisa nggakdiserderhanakan. Paling penting, kompetensi harus tetap dicapai jangan sampai hilang,” kata Nasir usai Pembukaan Hari Antikorupsi Seunia (Hakordia) 2018 di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Baca: Wacana Penyederhanaan Jumlah SKS Masih Tarik Ulur

Wacana penyederhanaan jumlah SKS itu masih terus digodok bersama Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) serta Rektor PTN.   Targetnya, ujar Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, SKS tersebut masih bisa disederhanakan menjadi di bawah 144 SKS. Tergantung keputusan rapat dengan lembaga terkait.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id