Akhirnya, UNS Punya Fakultas Keolahragaan
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi (kemeja putih) dalam sebuah acara, Medcom.id/Pythag Kurniati.
Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) akhirnya memiliki fakultas Keolahragaan (FKor) baru yang akan diresmikan Senin, 13 Agustus 2018.  Rektor UNS, Ravik Karsidi akan meresmikan fakultas teranyar ini di sela-sela rangkaian Pelantikan Mahasiswa Baru, di Lapangan Rektorat UNS, Kentingan, Surakarta.

Peresmian akan ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Rektor UNS kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Dekan Fakultas Keolahragaan Prof. Dr. Joko Nurkamto, MPd. didampingi oleh Ketua Senat UNS Prof. Dr. Suntoro, Ketua Senat Fakultas Keolahragaan Prof. Dr. Sugiyanto, serta Plt. Wakil Dekan Fakultas Keolahragaan.


"Fakultas Keolahragaan merupakan pengembangan dari program studi (prodi) Kepelatihan dan prodi Jasmani dan Rekreasi yang sebelumnya menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)," jelas Ravik dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Fakultas Keolahragaan (FKor) yang baru dibuka ini akan memiliki prodi Program Sarjana (S1), Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan, dan Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan.

"Dengan kehadiran FKor, maka UNS kini tercatat memiliki sebelas fakultas," sebut Ravik.

Proses pendirian FKor sendiri, kata Ravik, berawal dari usulan Rektor UNS ke Kemenristekdikti, setelah sebelumnya mendapat rekomendasi dari Menpora dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada 2015 silam.

Baca: Revitalisasi Sistem TIK Kunci UNS Masuk 200 Universitas Top Asia

Ravik berharap, di masa mendatang FKor bisa berperan aktif, dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan bisa menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang keolahragaan. “Selain itu tentunya kita harapkan FKor mampu menghasilkan temuan penelitian yang berkualitas dan berdampak strategis pada perkembangan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional," papar Ravik.

Ia menyatakan, pendirian FKor tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemenristekdikti.  Di antaranya memiliki tenaga pengajar, dan tenaga pendidikan yang profesional untuk mengelola progam S-1, S-2 serta S3.

"Sarana penunjang seperti gedung perkuliahan, fasilitas dan peralatan pembelajaran mahasiswa lainnya juga sudah lengkap sehingga sangat layak menjadi fakultas," ungkap Ravik.

Rektor optimistis, FKor akan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru, karena selama ini peminat jurusan olahraga sendiri terbilang sudah cukup tinggi. Bahkan akreditasi Progam Studi Olahraga di UNS juga sudah mendapatkan akreditasi A.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id