Riung Wartawan: Dua Tahun Badan Bahasa dalam Angka. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Riung Wartawan: Dua Tahun Badan Bahasa dalam Angka. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Badan Bahasa Terus Hidupkan Gairah Budaya Literasi

Ilham Pratama Putra • 01 Juli 2022 21:47
Jakarta: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Aminudin Aziz, mengatakan pihaknya menjadikan peningkatan budaya literasi sebagai arah kebijakan nasional. Dia menyebut gairah budaya literasi mesti terus menyala.
 
"Strategi-strategi tentu kita siapkan untuk menghidupkan budaya litrasi kita. Memperkuat lagi  bahasa dan kebudayaan dalam pendidikan," kata Aminuddin dalam Acara Riung Wartawan: Dua Tahun Badan Bahasa dalam Angka di Swiss-Belhotel, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Aminuddin menyebut pihaknya akan fokus pada penguatan literasi kebahasaan dan kesastraan. Salah satu upayanya, yakni meningkatkan nalar kritis pendidik dan peserta didik melalui bahasa sebagai implementasi Merdeka Belajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian, meningkatkan peran bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan melalui pendekatan tematik terpadu, meningkatkan peran bahasa indonesia sebagai media pengembangan literasi dalam pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran," kata dia.
 
Pihaknya juga turut mengoptimalkan peran bahasa sebagai wahana pendidikan karakter. Selanjutnya, mengoptimalkan peran bahasa sebagai sarana pembentuk jati diri dan pikiran keindonesiaan pendidik dan peserta didik.
 
"Kami yakin perlu juga untuk menerapkan standar kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur jati dan penutur asing bahasa Indonesia sesuai dengan keperluan dan konteks penggunaan bahasa Indonesia di Indonesia," tutur dia.
 
Baca juga: Pembinaan Bahasa Indonesia di Instansi Dinilai Seperti Hit and Run

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif