Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E Aminudin Aziz. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E Aminudin Aziz. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek: Sekolah Dapat Selamatkan Bahasa Daerah

Ilham Pratama Putra • 18 Maret 2022 14:20
Jakarta: Kepala Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Aminudin Aziz menyebut keberadaan bahasa daerah harus dipertahankan. Sekolah dapat menjadi tempat menyelamatkan bahasa daerah.
 
"Saya optimistis revitalisasi bahasa itu akan berhasil jika dilakukan berbasis pendidikan melalui sekolah," kata Aminudi dalam silaturahmi Merdeka Belajar, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Pihaknya mengajak sekolah merancang pembelajaran bahasa daerah untuk masuk terstruktur dalam muatan lokal. Aminudin menegaskan seluruh tantangan mempertahankan bahasa daerah harus diemban seluruh pihak.
 
Dia menuturkan daya hidup atau vitalitas tiap bahasa tidak sama. Dalam program revitalisasi bahasa, Badan Bahasa memprioritaskan bahasa-bahasa yang tingkat vitalitasnya atau daya hidupnya memang sudah melemah atau memudar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Khawatirnya, bahasa-bahasa yang seperti ini akan punah jika tidak dihidupkan kembali,” jelas dia.
 
Aminudin mengimbau seluruh jajaran di Kemendikbudristek bersama-sama melestarikan dan melindungi bahasa daerah. “Kita melakukan revitalisasi bahasa karena bahasa bukan hanya urusan kombinasi kata dan bunyi tetapi sebagai refleksi kearifan lokal, refleksi pemikiran, refleksi perasaan dan nilai-nilai yang terkandung didalam bahasa menjadi ekspresi dari masyarakat,” tutur Aminudin.
 
Baca: Cegah Kepunahan, Bahasa Daerah Didorong Diajarkan Lewat Muatan Lokal di Sekolah
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif