Darah berfungsi untuk membawa oksigen, nutrisi, hormon serta melindungi tubuh dari penyakit. Ilustrasi. Dok. Freepik
Darah berfungsi untuk membawa oksigen, nutrisi, hormon serta melindungi tubuh dari penyakit. Ilustrasi. Dok. Freepik

Catat! Ini 5 Fungsi Penting Darah bagi Tubuh Manusia

Putri Purnama Sari • 01 Desember 2022 22:46
Jakarta: Penasaran dengan fungsi darah? Fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun.

Fungsi Darah bagi Tubuh Manusia

1. Membawa Oksigen ke sel dan jaringan


Fungsi darah bagi tubuh manusia yang pertama adalah mengambil oksigen dari paru-paru dan menyebarkan ke seluruh sel dan jaringan. Selanjutnya, darah juga yang akan membuang karbon dioksida dari sel dan mengangkut ke paru-paru untuk dikeluarkan. 
 

2. Membawa nutrisi ke seluruh tubuh


Darah juga berfungsi untuk membawa nutrisi dan hormon ke seluruh tubuh manusia. Dalam hal ini, darah berguna dalam sistem pencernaan dan fungsi sistem endokrin. Nutrisi yang telah selesai dicerna akan diserap oleh aliran darah lewat pembuluh kapiler di usus halus.
 
Beberapa nutrisi yang diangkut, seperti asam amino, vitamin, dan mineral. Semua nutrisi akan diedarkan ke sel-sel tubuh. 
 

3. Menghentikan luka


Saat mengalami luka, maka pembuluh darah akan robek sehingga trombosit dan protein plasma bekerja menghentikan pendarahan. Trombosit akan memproduksi zat yang bekerja dengan vitamin K untuk mengumpulkan darah dan membuat sumbatan di tempat rusak.
 
Sementara itu, protein plasma akan membuat fibrin untuk menyempurnakan kerja trombosit sehingga luka tertutup. 
 
Baca: 5 Kondisi Ini Sebabkan Trombosit Menurun
 

4. Mempertahankan tubuh dari patogen dan zat asing


Fungsi darah bagi tubuh selanjutnya adalah mempertahankan tubuh dari patogen dan zat asing yang mengakibatkan gangguan kesehatan. Hal ini diketahui karena darah memiliki sel darah putih yang bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sel darah putih akan langsung bereaksi ketika patogen seperti virus, bakteri, jamur, dan zat asing masuk kedalam tubuh.
 

5. Mempertahankan suhu tubuh


Darah juga berguna mengatur suhu tubuh karena darah akan menyerap dan mendistribusikan panas ke seluruh tubuh.  Cairan itu bisa membantu mempertahankan homeostasis lewat pernapasan atau konservasi kehangatan.
 
Hal ini bisa ditandai dengan pembuluh darah yang akan menyempit dan melebar ketika terjadi perubahan suhu. 
 
Ketika suhu luar panas, pembuluh darah akan melebar, memperlambat kecepatan aliran darah, melepaskan panas dan keringat. Ketika suhu luar dingin, pembuluh darah akan menyempit, mengurangi aliran darah ke kulit sehingga dapat menahan lebih banyak panas.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif