Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

PPDB 2021

Kuota Jalur Zonasi PPDB SD Naik Hingga 70 Persen

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2021
Ilham Pratama Putra • 18 Maret 2021 15:54
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperbesar kuota jalur zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022 pada jenjang SD.  Pada tahun 2020 lalu kuota jalur zonasi berada di angka 50 persen untuk seluruh jenjang, namun tahun ini mengalami perubahan.
 
"Jalur zonasi untuk SD itu menjadi 70 persen ini, naik dari tahun lalu," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis, 18 Maret 2021.
 
Namun Jumeri tak menjelaskan terkait besaran persentase jalur lainnya.  Selebihnya dalam rapat kerja tersebut, dia menyampaikan jika persentase besaran jalur sama dengan tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan orang tua maksimal 5 persen, dan sisanya ada jalur prestasi," terang Jumeri.
 
Baca juga:  Nadiem: Risiko Murid Tertular Covid-19 Lebih Rendah
 
Dia mengatakan, jalur zonasi ini memang kerap kali memicu protes dari masyarakat setiap tahunnya. Dia berharap dengan pelebaran persentasi zonasi, masyarakat bisa lebih tenang untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah.
 
Terlebih untuk orang tua yang pada tahun ini menyekolahkan anaknya di jenjang SD. Anak mereka bisa bersekolah di tempat yang tidak jauh dari rumah.
 
"SD kita naikkan kuota zonasinya jadi 70 persen. Karena kita berharap, anak SD, sekolahnya bisa di sekitar rumah," tutup dia.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif