Ilustrasi. Foto: Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi. Foto: Antara/Irfan Anshori

Pelajaran Sejarah Tumpuan Pembentukan Karakter Bangsa

Pendidikan Kebijakan pendidikan Kurikulum Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 21 September 2020 15:05
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menegaskan, mata pelajaran (Mapel) sejarah merupakan salah satu tumpuan utama pembentukan karakter bangsa. Pernyataan ini merespons isu penghapusan mapel sejarah dari kurikulum yang sempat memantik polemik.
 
Draf sosialisasi Penyederhanaan Kurikulum dan Asesmen Nasional tertanggal 25 Agustus 2020 yang beredar, memuat poin mapel sejarah pada jenjang SMA dijadikan mapel pilihan atau bersifat tidak wajib. Bahkan untuk SMK, mapel tersebut dihapuskan.
 
"Bahwa sejarah itu membentuk karakter bangsa. Sementara sejarah dijadikan mapel pilihan, berarti sama saja menjadikan jati diri bangsa itu pilihan, silahkan mengikuti jati diri bangsa lain," kata Satriwan kepada Medcom.id, Senin, 21 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemendikbud Pastikan Mata Pelajaran Sejarah Tak Hilang
 
Menurutnya, penghapusan mapel sejarah bertentangan dengan nawacita Presiden Joko Widodo. Dia pun mempertanyakan, mengapa penghapusan maupun tidak mewajibkan mapel sejarah bisa masuk dalam diskusi penyusunan kurikulum 2021 di Kemendikbud.
 
"Jadi kita enggak ngerti nih mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) bekerja berdasarkan apa," ungkapnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif