Ilustrasi air. Medcom
Ilustrasi air. Medcom

Hari Air, Peneliti ITS Sebut Perlu Ada Upaya Selamatkan Air Tanah

Renatha Swasty • 22 Maret 2022 09:46
Jakarta: Menyambut Hari Air 2022 ada agenda penting yang mesti diupayakan semua pihak. Salah satunya, menyelamatkan air tanah.
 
Peneliti dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amien Widodo menyebut air tanah yang diambil terus menerus menyebabkan masalah. Hal ini memengaruhi kehidupan.
 
"Kebutuhan yang besar namun tidak diikuti upaya konservasi kawasan resapan air tanah maka mulai muncul permasalahan," kata Amien dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amien menjelaskan air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan. Ada dua jenis air tanah, yaitu air tanah dangkal (air sumur) dan air tanah dalam (air tanah artesis).
 
Air tanah tersimpan dalam di antara butiran lapisan batuan dan di antara rekahan batuan. Masyarakat sudah akrab dengan air tanah ini dan selama ratusan tahun telah menggunakan air tanah atau air sumur karena merupakan salah satu sumber air bersih yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Penggunaan air sumur juga beragam, mulai dari kebutuhan sanitasi hingga air minum sehari-hari.
 
"Dulu kita menggunakan air tanah (air sumur) untuk keperluan sehari-hari dan kita ikut memelihara lingkungan agar kuantitas air sumur dan kebersihannya terjaga," tutur dia.
 
Amien menyebut selama ini masyarakat mengetahui air tanah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui melalui proses siklus air yang sudah diajarkan selama ini. Artinya, ada Kawasan tempat meresapnya air dan ada kawasan tempat keluarnya air.
 
Pertumbuhan penduduk akan peningkatan kebutuhan air dan kemajuan industri dan teknologi membutuhkan air lebih banyak lagi. Amien menyebut karena kebutuhan sangat besar dalam waktu singat maka teknologi pompa air bertambah canggih.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif