Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Analisis Penyebab Pelajar Pulau Jawa Dominasi Nilai Tertinggi UTBK

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020 Pengumuman SBMPTN 2020
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Agustus 2020 15:44
Jakarta: Pelajar asal Pulau Jawa tercatat mendominasi sebagai peraih nilai rata-rata tertinggi dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Pengamat Pendidikan dari Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan, Andreas Tambah menyebut, salah satu penyebabnya yakni akibat budaya belajar yang cukup baik.
 
Ia mencontohkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menurut Andreas, budaya belajar di DIY cukup tinggi. Tak heran, pelajar asal Kota Gudeg itu bisa mencatatkan nilai rata-rata tertinggi dalam UTBK tahun ini.
 
"Budaya belajarnya cukup tinggi, antusiasnya tinggi dan motivasinya sangat luar biasa. Kota Yogyakarta juga disebut sebagai kota pelajar, sehingga dunia pendidikan di sana yang utama," ungkap Andreas kepada Medcom.id, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:10 PTN dengan Nilai UTBK Tertinggi
 
Andreas menyebut terbentuknya budaya belajar ini juga disebabkan pemerintah daerah yang concern terhadap dunia pendidikan. Buktinya, pemerintah daerah setempat membuat aturan jam belajar.
 
"Pernah Bali budaya belajarnya tinggi. Sehingga faktor ini lebih dominan, saya berharap kepala daerah lainnya bisa membawa suasana budaya belajar yang lebih tinggi," ujarnya.

Menurutnya, dengan membangun budaya belajar, pemerataan pendidikan Indonesia bisa terwujud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama pemerintah daerah dan dinas pendidikan diminta bersinergi.
 
"Karena daerah Solo ada aturan jam belajar, itu siapa yang membuat? Pemda, dan masyarakatnya mendukung. Sosialisasi tentang pendidikan mesti digaungkan di seluruh pelosok," ucap dia.
 
Perhatian yang tinggi dari pemerintah terhadap pendidikan menjadi salah satu faktor kunci membangun budaya belajar. Bila tidak, jangan harap kualitas pendidikan bisa sesuai harapan.
 
"Saya berharap pemerintah daerah mengutamakan pentingnya belajar, kalau masyarakat mengetahui dan masyarakat melakukan hal yang sama, itu namanya budaya belajar," tuturnya.
 
Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Peruguruan Tinggi (LTMPT) peserta dengan rata-rata nilai UTBK tertinggi berasal dari SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta yakni dengan skor 576,43. Urutan berikutnya, DKI Jakarta (skor 576,06). Sementara hasil UTBK tertinggi dari luar Pulau Jawa yaitu Bali (skor 546,01), Sumatra Barat (skor 532,50), dan Sumatra Selatan (skor 531,05).
 
Berikut data lengkap 10 daerah (asal SMA) dengan rata-rata nilai tertinggi UTBK 2020:
 
1. Daerah Istimewa Yogyakarta (576,43)
 
2. DKI Jakarta (576,09)
 
3. Jawa Tengah (564,27)
 
4. Jawa Barat (554,85)
 
5. Banten (550,98)
 
6. Jawa Timur (549,37)
 
7. Luar negeri (547,85)
 
8. Bali (546,01)
 
9. Sumatra Barat (532,50)
 
10. Sumatra Selatan (531,05)
 
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif