Kampus UI. Foto: UI/Humas
Kampus UI. Foto: UI/Humas

Penerimaan Mahasiswa Baru UI

Resmi Dibuka, Simak Syarat PPKB dan Talent Scouting UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Februari 2020 19:21
Jakarta: Pendaftaran penerimaan mahasiswa Universitas Indonesia jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) 2020 dan Talent Scouting resmi dibuka hari ini, Senin, 3 Februari 2020. Untuk PPKB terdapat dua jalur, yakni Vokasi dan S1 Paralel.
 
Pendaftaran ini dibuka sampai 6 Maret 2020. Dalam pendaftaran PPKB 2020 dan Talent Scouting ada tiga tahapan yang harus dilalui, yakni registrasi online, mengunggah berkas dan pembayaran biaya pendaftaran.
 
Melansir laman Universitas Indonesia, untuk tahapan pendaftaran dilakukan oleh pihak sekolah atau kepala sekolah dan siswa. Untuk kepala sekolah mengisi data sekolah, kemudian mengisi data siswa yang akan didaftarkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu mengisi daftar nilai siswa mulai semester 1 sampai 5. Kemudian mengunduh username dan password, lalu diberikan kepada siswa yang bersangkutan untuk mengisi formulir siswa.
 
Dalam pengisian formulir siswa, pertama melakukan pemilihan program studi. Siswa hanya bisa memilih satu prodi. Pilihan program studi dapat dilihat di laman ini, vokasi (https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb/program/362), Paralel (https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb/program/361) dan Talent Scouting (https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb/program/363).
 
Penting diketahui untuk siswa IPA yang memilih prodi IPS tetap diharuskan mengisi formulir IPA. "Untuk jurusan IPS tidak bisa memilih program studi IPA," kataTim Media Universitas Indonesia Egia Etha Tarigan saat dihubungi Medcom.id, Senin, 3 Februari 2020.
 
Setelah mengisi prodi dan formulir, tahapan berikutnya adalah mengunggah pas foto terbaru. Dengan ukuran 400 × 600 pixel. Tahap berikutnya Mengunggah dokumen kelengkapan pendaftaran (seluruhnya digabung dalam satu file format PDF).
 
Dokumen yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
 
1. Hasil scan rapor: halaman data diri, halaman kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisir (semester 1-5)
2.Hasil scan surat pernyataan yang ditulis tangan berisi penjelasan mengapa memilih program studi di atas
3. Hasil scan bukti prestasi akademik (jika ada)
 
Semetara untuk Talent Scouting ada dokumen tambahan yang perlu diunggah yaitu sertifikat TOEFL/IELTS terbaru atau nilai tahun lalu dalam bentuk file scan. Terdapat skor minimun, untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokterran Gigi, skor minimum TOEFL 550, 79 untul iBT (Internet-based Test ) atau 6 untuk IELTS.
 
Untuk Fakultas Hukum skor minimum, TOEFL 530, 71 untuk iBT dan 6 untuk IELTS. Sementara untuk program studi lain skor minimun TOEFL 500, 61 iBT, dan IELTS 5.5.
 
Tahap berikutnya adalah pembayaran pendaftaran. Untuk PPKB biaya pendaftaran dikenakan Rp750.000 per siswa, menggunakan nomor pendaftaran PPKB, sementara Talent Scouting Rp. 1.300.000.
 
Egia mengingatkan, baik kepala sekolah maupun siswa agar teliti dalam mengisi formulir. Sehingga tidak terjadi kesalahan.
 
“Perhatikan saat input nilai-nilai. Jangan sampai ada kesalahan karena nanti akan ada verifikasi pasca pengumuman,” jelas Egia.
 
Untuk proses seleksi dilakukan berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi. Kemudian jika diterima, syarat pendaftaran ulang lulus SMA, lulus Ujian Nasional/A Level/IB Diploma dan lolos verifikasi rapor.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif