Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.
Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.

Mendikbud Fasih Bicara Soal Keris

Pendidikan budaya
Citra Larasati • 02 Oktober 2018 14:47
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy banyak dikenal orang sebagai akademisi, dengan jabatan terakhir mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebelum menjadi menteri Namun banyak yang belum masyarakat tahu, ternyata Mendikbud juga fasih dan antusias jika diajak bicara soal keris.
 
Muhadjir menceritakan, bahwa ayahnya adalah seorang dalang, yang kebetulan memiliki koleksi tosan aji atau senjata pusaka tradisional seperti keris. Jadi dari ayahanda itulah, Mendikbud tahu banyak seluk beluk keris, terutama bagaimana cara merawat keris.
 
"Tosan Aji itu bukan hal asing bagi saya,"kata Muhadjir di sela-selamenerimaSerikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) di ruang kerjanya, Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa, 2 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Mendikbud: Pancasila Perkuat Daya Tahan Bangsa
 
Menurut Muhadjir, tosan aji atau di Jawa disebut wesi aji, yang berarti logam mulia ini berkaitan dengan kultur Indonesia yang masih perlu digali, dan dilakukan riset komprehensif. "Intinya agar dikembangkan menjadi narasi budaya kekayaan negeri ini, dan ini di bawah Kemendikbud,” ujar Mendikbud.
 
Dalam pertemuan tersebut, Muhadjir memberi dukungan dan apresiasi upaya aktif Senapati Nusantara dalam melestarikan tosan aji, khususnya keris Indonesia. Ia juga menyampaikan, siap bekerja sama dengan Senapati Nusantara dan membantu upaya pengusulan Hari Keris Nasional.
 
“Saya menyambut baik hal ini, ini merupakan usulan yang bagus sekali," terang Muhadjir.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif