Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.
Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.

1.028 Guru PPKn Akan Dilatih Penanaman Nilai Pancasila

Pendidikan pancasila Pendidikan Karakter Penguatan Pendidikan Karakter
Muhammad Syahrul Ramadhan • 10 Juli 2019 20:33
Jakarta: Sebanyak 1.028 guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tengah disiapkan untuk mengikuti pelatihanPenanaman Nilai Pancasila. Menyusul peluncuran Program Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa untuk mempertajam pembelajaran pendidikan pancasila di sekolah.
 
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriano mengatakan, dalam pelatihan nanti, guru akan lebih ditekankan pada pembelajaran untuk mendorong praktik atau aksi nyata, dari pada sekadar ceramah.
 
"Kita siap melatih 1.028 guru. Sementara ini satu kabupaten/kota masih satu orang. Ada guru SD dan SMP. Kita bagi beberapa regional," kata Supriano, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, dari hasil kajian terungkap, bahwa penyampaian mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terutama penerapan nilai pancasila di kalangan siswa masih bermasalah. Pancasila baru dipahami di tataran pengetahuan, belum menjadi sebuah sikap.
 
"Kurikulum yang diajarkan di sekolah problematik, lebih banyak pengetahuan saja. Padahal pancasila itu tidak berhenti di pengetahuan," kata Totok.
 
Baca:Kemendikbud Luncurkan Program Penanaman Nilai Pancasila di Sekolah
 
Untuk mendukung penajaman pendidikan pancasila di kelas, Kemendikbud melalui Pusat Kurikulum dan Pembelajaran juga akan menyiapkan buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila.
 
Buku panduan bagi guru ini berisi arah, tujuan, prosedur, dan indikator keberhasilan penguatan pembelajaran nilai dan moral Pancasila. Muatan nilai dan moral pancasila akan diinternalisasikan melalui berbagai aktivitas pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung.
 
Baca:Kemendikbud Pertajam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas
 
Proses internalisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Aktualisasi nilai moral Pancasila berupa program terstruktur, pembiasaan, keteladanan, dan pengondisian ekosistem sekolah.
 
Selain itu nantinya, pelatihan untuk guru pengampu PPKn tersebut akan menggunakan buku panduan tersebut. Ia berharap guru dapat mengembangkan isi buku sesuai kebutuhan.
 
"Kami berharap dalam pelatihan guru nanti, (buku) panduan ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan," ujarnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif