Ilustrasi UI. DOK UI
Ilustrasi UI. DOK UI

Fakultas Hukum UI: Mata Kuliah, Syarat Masuk, dan Daya Tampung 2022

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Perguruan Tinggi Mahasiswa
Renatha Swasty • 25 April 2022 13:38
Jakarta: Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu incaran yang paling diminati calon mahasiswa. Bukan tanpa sebab, sekolah hukum pertama di Tanah Air itu terkenal memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik.
 
Hal ini terbukti dari akreditasi A di semua jurusan FH UI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Selain itu, jurusan ini juga dinyatakan sudah sesuai dengan Standar Mutu ASEAN University Network (AUN-QA).
 
Tertarik berkuliah di fakultas ini? Simak seluk-beluk FH UI berikut yang dikutip dari Zenius, mulai dari jurusan dan mata kuliah, syarat masuk, hingga daya tampung.

Jurusan dan Mata Kuliah di FH UI

FH UI memiliki satu program sarjana, dua program magister, dan satu program doktor. Namun, artikel kali ini akan fokus membahas program sarjana yang tersedia, yaitu jurusan Ilmu Hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masa studi jurusan Ilmu Hukum bisa diselesaikan dalam waktu 8 sampai 12 semester dengan bobot 144 SKS. Mata kuliah yang diambil terbagi menjadi dua, yakni kurikulum inti wajib fakultas dan mata kuliah pilihan.
 
Pada jurusan tersebut, mahasiswa akan mempelajari berbagai bidang kajian ilmu hukum. Di antaranya Hukum Perdata, Hukum Ekonomi dan Teknologi, Hukum Islam dan Adat, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, serta Hukum Masyarakat dan Pembangunan.
 
Bukan sekadar menghafal pasal-pasal, Ilmu Hukum menekankan pada cara berpikir dengan logika secara tepat dan benar. Dengan kata lain, jurusan ini mengajarkan mahasiswanya untuk memahami pengimplementasian hukum pada suatu kasus, serta alur kerjanya di lapangan.
 
Adapun alur kerja di lapangan itu dipelajari melalui praktik berupa simulasi sidang. Layaknya bermain role play, mahasiswa dibentuk menjadi kelompok dan menjalankan peran masing-masing sesuai teori yang sudah dipelajari sebelumnya.
 
Agar kajian yang dipelajari lebih spesifik dan terarah, tersedia 16 pilihan konsentrasi atau peminatan. Ini bisa dipilih mahasiswa Ilmu Hukum ketika memasuki tahun ketiga perkuliahan.
 
Peminatan yang tersedia ialah Praktisi Hukum, Hukum Perdata, Hukum Islam, Hukum Adat, Hukum Ekonomi, Hukum Teknologi, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Keuangan Publik dan Perpajakan, Hukum Lingkungan dan SDA, Hukum Perburuhan, Hukum Perdata Internasional, Hukum Internasional Publik, serta Hukum Masyarakat dan Pembangunan.

Syarat Masuk FH UI

Program S1 Ilmu Hukum tersedia dalam tiga kelas, yaitu Reguler, Paralel, dan Internasional. Ketiga kelas tersebut memiliki persyaratan masuk yang berbeda.
 
Untuk kelas Reguler, calon mahasiswa harus merupakan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memiliki usia ijazah tidak lebih dari tiga tahun saat mendaftar. Mereka bisa masuk kelas ini melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau SIMAK UI.
 
Berbeda dengan Reguler yang dibatasi, kelas Paralel tidak membatasi tahun lulus pendidikan terakhir calon mahasiswa. Jadi, lulusan SMA/SMK/MA/sederajat lulusan tahun berapa pun berkesempatan masuk di kelas ini.
 
Adapun untuk kelas Internasional, calon mahasiswa harus merupakan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memiliki usia ijazah tidak lebih dari lima tahun saat mendaftar. Jadi, pendaftaran 2022 ini terbuka bagi lulusan 2022, 2021, 2020, 2019, dan 2018.
 
Selain itu, calon mahasiswa kelas Internasional juga harus memiliki TOEFL Institusional yang disertifikasi ETS (PBT 530 atau iBT 71 atau CBT 197). Atau, sertifikat bahasa Inggris IELTS dengan skor minimal 6.

Daya Tampung FH UI

Bagi calon mahasiswa yang berminat mendaftar kelas Reguler, tersedia tiga jalur yang bisa dicoba, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Setiap jalur menyediakan kuota yang berbeda. Berikut ulasannya:
 
Jalur Masuk: Daya Tampung 2022 / Peminat 2021
  1. SNMPTN: 60 / 1.102
  2. SBMPTN: 90 / 3.161
  3. SIMAK UI: 150 / 7.070

Demikianlah informasi mengenai Fakultas Hukum Universitas Indonesia, mulai dari jurusan dan mata kuliah, syarat masuk, hingga daya tampungnya di 2022. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Fakultas Teknik UI: Jurusan dan Daya Tampung 2022
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif