Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.

Nadiem Diminta Ambil Langkah Luar Biasa Atasi Darurat Pendidikan

Pendidikan Virus Korona Kualitas Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 25 Agustus 2020 10:08
Jakarta: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengambil langkah luar biasa dalam mengatasi kondisi darurat pendidikan di masa pandemi virus korona (covid-19). Nadiem mesti mensinergikan semua potensi yang ada.
 
"Kami mendorong mas Nadiem mengambil inisiatif terbosan, dan kerja extraordinary dalam suasana darurat pendidikan di Indonesia," ungkap Huda dalam Crosscheck Medcom.id, Minggu, 23 Agustus 2020.
 
Huda mengatakan, banyak potensi yang bisa disinergikan guna menyelamatkan dunia pendidikan. Menurut dia, selama ini juga sudah banyak pemangku kepentingan yang mengambil inisiatif untuk mengatasi kondisi darurat pendidikan, namun dibutuhkan dirigen. Nadiem dipandang mesti bisa menjadi 'pemimpinnya'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Evaluasi Pembukaan Sekolah, Komisi X Bakal Panggil Nadiem
 
"Semua inisiatif dari semua pihak dalam satu ritme satu irama pergerakan, dalam konteks ini pentingnya hadirnya Kemendikbud untuk secepatnya mengevaluasi, dengan sekian banyak pihak bergerak, perannya dikanalisasi masing-masing," terangnya.
 
Huda juga mengkritik Kemendikbud yang dalam kebijakannya lebih banyak menyerahkan semua ke daerah. Padahal, Kemendikbud mestinya mendorong adanya kolaborasi. Terutama, terkait penyediaan akses internet, pulsa. Pun terkait pemenuhan ponsel pintar ataupun gawai bagi siswa, sehingga bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan optimal.
 
"Saya dalam posisi mengkiritik keras, ketika Kemendikbud serba menyerahkan ke daerah, semua serba memberikan sepenuhnya kewengan Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, Kota dan seterusnya. Kepada sekolah, kepada guru. Dalam masa darurat ini butuh kepemimpinan," tegasnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif