Anggota Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM), Itje Chodidjah, Medcom.id/Intan Yunelia.
Anggota Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM), Itje Chodidjah, Medcom.id/Intan Yunelia.

Begini Asal Mula Cap Sekolah Favorit Muncul

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Intan Yunelia • 19 Juni 2019 17:52
Jakarta: Anggota Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM), Itje Chodidjah menegaskan, bahwa tidak ada standarisasi untuk sekolah yang dikategorikan favorit. Cap sekolah favorit muncul berdasar dari pengakuan masyakarat yang turun temurun.
 
“Sekolah favorit ini muncul karena pengakuan masyarakat sudah sejak lama. Sekolah unggulan itu rata-rata adalah sekolah yang sudah muncul terlebih dahulu,” kata Itje saat Konferensi Pers mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Kantor Komisi Perlindungan Anak (KPAI), Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Baca:KPAI Buka Posko Pengaduan PPDB

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat pada umumnya menganggap, sekolah dengan fasilitas yang lengkap dan guru-guru berkualitas dianggap sekolah terbaik. Sehingga hanya anak-anak tertentu yang bisa masuk sekolah tersebut.
 
“Sehingga sekolah favorit ini hanya bisa diakses oleh anak tertentu akhirnya, dilakukan lah saringan-saringan. Sehingga anak pintar saja yang bisa sekolah di sekolah tersebut,” ujar Itje.
 
Cap sekolah favorit membuat diskriminasi penerimaan peserta didik. Mereka yang mempunyai nilai standar dan di bawah standar tidak bisa masuk, meski jarak rumahnya tak jauh dari lokasi sekolah tersebut.
 
“Pada akhirnya ada anak-anak yang selama ini terlupakan dan ada yang sudah tes di sekolah ini dan tidak diterima karena nilainya enggak cukup dan disekolah berikutnya tidak lagi diterima dan begitu juga seterusnya,” papar Itje.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif