Ilustrasi mahasiswa jurusan Pertambangan, ANT/Arief Firmansyah.
Ilustrasi mahasiswa jurusan Pertambangan, ANT/Arief Firmansyah.

Polinema Buka Prodi Pertambangan Tahun Ini

Pendidikan Pendidikan Tinggi Pendidikan Vokasi
Daviq Umar Al Faruq • 30 Mei 2019 17:02
Malang: Politeknik Negeri Malang (Polinema) membuka program studi (prodi) baru, yakni prodi D3 Pertambangan. Rencananya, pembukaan prodi ini akan dimulai pada tahun pelajaran 2019/2020 atau mulai semester depan.
 
Direktur Polinema Malang, Awan Setyawan mengatakan, pembukaan prodi tersebut akan dilakukan pada awal semester ganjil 2019. Tahun ajaran baru tahun ini akan menjadi angkatan pertama.
 
“Kami akan ada prodi baru, dan ini menjadi angkatan pertama,” kata Awan, di Malang, Kamis, 30 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan prodi ini nantinya akan bekerja sama dengan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), salah satunya adalah PT. Inalum. Prodi Pertambangan ini nantinya akan dibuka untuk dua kelas dengan setiap kelasnya menampung 24 mahasiswa.
 
“Persyaratannya harus lulusan SMK, karena ini jurusan D3 Pertambangan yang menjembatani SMK dan insinyur,” tegasnya.
 
Baca:Universitas Jember Buka Program Studi Teknik Pertambangan
 
Sebagai informasi, Prodi Pertambangan ini hanya disediakan oleh dua Politeknik Negeri di Indonesia. Selain Polinema, sebelumnya juga ada Politeknik Balikpapan.
 
"Prodi Pertambangan itu di bawah jurusan Teknik karena masih ada hubungannya dengan Teknik Sipil. Ada beberapa mata kuliah terkait,” bebernya.
 
Selain Pertambangan, Polinema juga bakal membuka prodi D4 Bahasa Inggris. Sama dengan prodi pertambangan, prodi Bahasa Inggris juga akan membuka kelas, masing-masing kelas berisi 25 mahasiswa.
 
Rekrutmen mahasiswa prodi baru ini dibuka lewat Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan jalur mandiri. Teknis pelaksanaannya dapat dilihat di website resmi Polinema.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif