Ilustrasi anak sekolah. Medcom.id/Farhan Dwitama
Ilustrasi anak sekolah. Medcom.id/Farhan Dwitama

Baru 15 Persen Sekolah Ramah Anak

Pendidikan perlindungan anak Kekerasan di Sekolah
Intan Yunelia • 30 Desember 2019 14:21
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong dinas pendidikan di berbagai daerah mempercepat penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA). Dari catatan KPAI, baru 15 persen sekolah di Indonesia yang menerapkan SRA.
 
"Dari 400 ribu sekolah di jenjang PAUD sampai SMA/sederajat, baru 15 ribuan sekolah yang sudah menerapkan SRA," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti di siaran pers, Senin 30 Desember 2019.
 
SRA merupakan salah satu upaya memutus mata rantai kekerasan di lingkungan pendidikan. SRA dimulai dari guru, kepala sekolah dan petugas sekolah. Langkah awal dengan cara tidak menggunakan kekerasan dalam mendisiplinkan para siswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPAI juga mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas guru dalam pengelolaan kelas, meningkatkan pemahaman dampak buruk perundungan lainnya terhadap tumbuh kembang anak.
 
"Para guru dan sekolah kerap gagap mencegah dan mengatasi kekerasan di sekolah," ujar Retno.
 
Ia mengakui kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan di berbagai daerah yang belum menerima sosialisasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.
 
"Banyak sekolah kebingungan menangani kekerasan di sekolah, padahal Permendikbud tersebut sudah mengaturnya dengan sangat baik," terang Retno.
 
Tingginya angka kekerasan di lembaga pendidikan baik kekerasan fisik dan kekerasan seksual yang dilakukan tenaga pendidik di sekolah harus menjadi prioritas pemerintah. Tetapi pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah selama 4 tahun terakhir ini tidak mengacu pada Pemendikbud tersebut.

 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif