Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah
Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah

Guru dan Kepala Sekolah, Begini Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar di Asesmen Nasional

Citra Larasati • 19 Agustus 2022 11:35
Jakarta:  Sobat Medcom, pada 11 – 20 Agustus 2022 merupakan periode pelaksanaan pengisian instrumen lingkungan belajar bagi pendidik dan kepala satuan pendidikan (sekolah) di Indonesia. Hal ini juga telah disebutkan dalam Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022.
 
Dikutip dari laman Ditjen SMP, sampai dengan tanggal 17 Agustus 2022 pukul 22.30 tercatat sebanyak 77,73 persen sekolah jenjang SMP yang sudah mengisi instrumen survei lingkungan belajar. Kemudian sebanyak 47,8 persen kepala satuan pendidikan dan 57,8 persen guru yang sudah mengikuti survei lingkungan belajar.
 
Angka ini tentunya masih relatif jauh dari target partisipasi 100 persen yang ditetapkan. Bagi guru dan kepala sekolah yang masih belum mengisi instrumen survei lingkungan belajar, dapat segera mengisi instrumen secara daring melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila Sobat Medcom belum mengetahui tata cara pengisian survei lingkungan belajar, dapat membaca langkah-langkah pengisian dengan membaca artikel berikut.

Prosedur pengisian Survei Lingkungan Belajar bagi Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan:

  1. Kepala satuan pendidikan dan pendidik melakukan login ke laman Survei Lingkungan Belajar pada https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/. 
  2. Login dapat menggunakan piranti komputer, laptop atau gawai (HP/tablet) yang terkoneksi dengan jaringan internet. 
  3. Pengisian survei dilakukan secara mandiri tanpa bertanya atau bekerja sama dengan peserta lain. 
  4. Peserta mengisi survei sesuai dengan keadaan dan kondisi yang sebenarnya. 
  5. Peserta memastikan semua pertanyaan telah dijawab sebelum melakukan submit jawaban. 
  6. Pengisian Survei Lingkungan Belajar dapat dilakukan secara bertahap dalam rentang waktu pelaksanaan setiap jenjang.
  7. Pemutakhiran informasi tentang Survei Lingkungan Belajar dapat dilihat pada laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/
Seluruh Pendidik dan Kepala satuan pendidikan mengikuti Survei Lingkungan Belajar termasuk pada satuan pendidikan yang peserta didiknya tidak mengikuti AN. Pendidik yang mengajar pada satu atau lebih dari satu satuan Pendidikan, dengan memiliki NPSN berbeda, mengisi Survei Lingkungan Belajar untuk setiap satuan pendidikan tempat yang bersangkutan mengajar. Hal ini juga berlaku bagi kepala sekolah.
 
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera mengisi instrumen survei lingkungan belajar secara daring. Bila terdapat kesulitan, jangan ragu untuk bertanya ke operator sekolah masing-masing atau rekan guru lain yang lebih memahami, ya. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Asesmen Nasional, Sobat Medcom dapat mengunduh POS AN 2022 pada tautan berikut ini.
 
Baca juga:  Asesmen Nasional Segera Digelar, Ini 7 Langkah Mengisi Survei Lingkungan Belajar

 
 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif