Ilustrasi peta. Medcom
Ilustrasi peta. Medcom

Pelajar, Simak Bahasan Lengkap Seputar Luas dan Batas Wilayah Indonesia

Medcom • 11 Agustus 2022 20:13
Jakarta: Batasan wilayah selalu menjadi hal yang krusial bagi suatu negara. Karena batasan negara menjadikan pemerintah atau bahkan masyarakat tahu berapa luas negara mereka atau di mana sekarang mereka berpijak.
 
Banyak warga Indonesia yang tidak asing lagi dengan Susi Pudjiastuti. Susi merupakan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia yang selalu melakukan tindakan berbeda dengan menteri-menteri sebelumnya.
 
Tindakan Susi yang paling besa ialah menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain yang melewati batas negara Indonesia. Sekilas memang takjub dan berbeda, namun memang itulah yang seharusnya wajib dilakukan kapal asing yang mencuri sumber daya alam negara Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain pencurian ikan adalah perbuatan ilegal yang dilarang hukum, secara wilayah, kapal asing tersebut juga tidak diperkenankan untuk mengambil ikan dan masuk ke daerah yang menjadi kedaulatan negara Indonesia tanpa izin.
 
Melansir dari laman Ruangguru, berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang luas, dampak positif dan negatif, serta batasan wilayah Indonesia:

Luas wilayah Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Menurut data dari Badan Informasi Geospasial, total luas wilayah Indonesia sekitar 5.180.053 km2 dan memiliki 17.499 pulau.
 
Dari total luas wilayah tersebut, luas perairan Indonesia mencapai 3.157.483 km2 dan luas daratannya sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia juga berbatasan dengan beberapa negara, baik darat maupun laut.
 
Wilayah Indonesia meliputi darat, perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk juga seluruh sumber kekayaan yang ada di dalamnya. Perihal kewilayahan ini diambil menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008.
 
Dengan adanya pembagian batas wilayah secara hukum seperti ini, akan jelas meminimalisasi adanya berbagai bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi. Hal ini seperti masuknya warga negara asing ke wilayah Indonesia tanpa izin.
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif