Ahli di bidang e-commerce, Ignasius Dwi Sagita Christy. DOK Unair
Ahli di bidang e-commerce, Ignasius Dwi Sagita Christy. DOK Unair

Pebisnis Pemula Wajib Tahu, 3 Hal Penting Sukses di Dunia E-Commerce

Renatha Swasty • 17 Mei 2022 15:48
Jakarta: Perkembangan teknologi semakin meningkat di era serba digital. Hal ini ditandai dengan banyaknya inovasi yang dapat mempermudah seseorang menjalankan aktivitas sehari-hari, salah satunya e-commerce atau penjualan elektronik.
 
E-commerce dapat memudahkan seseorang berbelanja tanpa datang langsung ke tempat. Hal ini dapat menjadi peluang bagi pebisnis memasarkan produk online sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran.
 
Ahli di bidang e-commerce, Ignasius Dwi Sagita Christy, membagikan beberapa tips and trik agar produk dapat eksis di laman e-commerce. Hal itu dibagikan dalam webinar bertajuk “E-Commerce Management” yang diadakan Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) universitas Airlangga (Unair).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ignasius menjelaskan terdapat tiga pilar utama untuk mengetahui algoritma dalam e commerce. Yaitu relevansi, rasio klik, dan tingkat konversi.
 
“Relevansi yaitu bagaimana caranya supaya produk kita itu relevan, kemudian ada rasio klik yakni bagaimana caranya supaya orang dari melihat menjadi mau ngeklik, dan yang terakhir yaitu tingkat konversi,” papar Ignasius dikutip dari laman unair.ac.id, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Ignasius menuturkan ketiga algoritma dalam e-commerce dipengaruhi banyak faktor. Faktor tersebut seperti judul produk, tingkat konversi, tingkat klik, user property, penjualan satu minggu terakhir, penjualan 30 hari terakhir, peringkat, badge dan ulasan.
 
Dia menyebut faktor paling dominan memengaruhi algoritma e-commerce adalah judul produk. “Makanya kita harus pastikan judul produk kita mengandung informasi yang cukup untuk keyword yang related dicari konsumen,” tutur dia.
 
Ignasius menyatakan untuk memperluas pemasaran produk diperlukan kolaborasi dengan harapan produk dapat dikenal banyak orang. “Kalau produk kita baru, orang belum banyak yang tahu, tapi dengan kolaborasi contoh kerja sama dengan artis kalau waktu lagi pandemi maka semua orang pasti mencari artis dan kita bisa memanfaatkan keyword-nya tadi,” papar dia.
 
Ignasius kembali menegaskan terdapat tiga hal penting dalam e-commerce yang wajib diketahui pebisnis. Yaitu traffic, conversion rate, dan basket size.
 
“Yang pertama adalah traffic, gimana caranya orang bisa masuk ke toko kita; yang kedua yaitu conversion rate, gimana caranya orang yang datang tadi akhirnya melakukan pembelanjaan; yang ketiga yaitu basket size, bagaimana dari orang yang melakukan pembelanjaan tadi akhirnya ingin belanja lagi dan lagi,” tutur dia.
 
Baca: Mau Kerja dan Gaji Gede di Startup? Kuasai Dulu Keahlian Ini
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif