Musa Izzanardi Wijanarko, wisudawan termuda di ITB. Foto: Dok. ITB
Musa Izzanardi Wijanarko, wisudawan termuda di ITB. Foto: Dok. ITB

Wisudawan Termuda ITB, Musa Izzanardi Wijanarko Jadi Sarjana di Usia 18 Tahun

Pendidikan Pendidikan Tinggi Wisuda Perguruan Tinggi ITB
Citra Larasati • 22 Juli 2021 14:57
Jakarta:  Musa Izzanardi Wijanarko menjadi salah satu pusat perhatian pada Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2020/2021. Dia lulus sebagai wisudawan termuda di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sabtu, 17 Juli 2021.  Musa Izzanardi Wijanarko menjadi sarjana pada usia 18 tahun 8 bulan.
 
Izzan, sapaan akrab Musa Izzanardi Wijanarko, merupakan mahasiswa Program Studi Matematika di Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Dia memilih program studi (prodi) Matematika karena senang dengan bidang tersebut sejak kecil. Izzan memilih ITB setelah orang tua dan kakaknya juga berkuliah di sana.
 
Izzan sendiri mulai kuliah di ITB pada 2017. Sebelumnya, dia merupakan siswa homeschooling. Izzan belum pernah mengikuti sekolah formal.  Adaptasi belajar di kelas lantas terasa aneh bagi Izzan. Namun, belajar di kelas tetap menyenangkan baginya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Izzan bisa bertemu orang-orang baru dengan gaya pikir dan ketertarikan yang unik. “Memang orang di ITB pada aneh-aneh, tetapi tidak apa-apa karena saya juga orang aneh,” kelakar Izzan, dikutip dari laman ITB, Kamis 22 Juli 2021.
 
Selama kuliah, Izzan mendapat wejangan dari teman sekelas dan juga kakak angkatan. Mereka berpesan agar Izzan tidak lupa bersosialisasi. Izzan pun memutuskan untuk mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Genshiken ITB. Menurutnya, UKM itu sesuai dengan hobinya.
 
Izzan sendiri tidak begitu tertarik dengan lomba-lomba, sehingga dia menghabiskan waktunya untuk berorganisasi. Dia pernah menjadi Ketua Bidang Medkominfo Genshiken ITB periode 2019/2020, Ketua Divisi Logistik Genshiken Staff Training Genshiken ITB 2019, dan Ketua Divisi Megaproperti Wisuda Juli HIMATIKA ITB 2019.
 
Baca juga:  Umar, Mahasiswa Indonesia Jadi Wisudawan Terbaik di IIITB India
 
Untuk urusan membagi waktu, Izzan punya caranya sendiri. Dia biasa membagi waktu antara akademik dan organisasi dengan selalu berusaha memahami materi di kelas. Dengan begitu, dia tidak perlu banyak belajar lagi di luar kelas, kecuali saat mengerjakan tugas.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif