Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah. Foto: Zoom.
Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah. Foto: Zoom.

Legislator Tunggu Solusi Nadiem Hadapi Learning Loss

Ilham Pratama Putra • 04 Oktober 2021 14:05
Jakarta: Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menilai hingga saat ini belum ada kebijakan khusus dari pemerintah untuk menanggulangi learning loss. Dia menunggu soluisi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menghadapi dampak learning loss tersebut.
 
"Satu hal yang belum diberikan Kemendikbudristek adalah solusi terhadap pelajar yang terdampak learning loss," ujar Ferdiansyah dalam siaran youtube Vox Populi Indonesia, dikutip Senin 4 Oktober 2021.
 
Menurutnya, learning loss terjadi akibat konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tidak siap. PJJ, kata dia, hadir sebagai program yang belum matang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi program ini mungkin belum sesuai dengan kondisi yang ada di Indonesia," lanjutnya.
 
Baca: P2G Tuding Ada Bisnis Terselubung dalam Asesmen PTM Terbatas
 
Ferdiansyah pun mengaku heran ketika Kemendikbudristek malah melanjutkan Asesmen Nasional (AN). Terlebih, dia mendengar jika AN sebagai solusi dari learning loss.
 
"Lagi-lagi apa kaitannya dengan learning loss? Ini jadi pertanyaan," sebut dia.
 
Dia memprediksi AN hanya program yang 'mubazir'. Khususnya, apabila hanya akan memberikan luaran evaluasi. "Nah tapi biar enggak mubazir saya harap AN punya instrumen untuk memetakan, punya data di mana saja, di jenjang mana dan di kelas berapa saja ada learning loss," tutupnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif