Grab merupakan perusahaan transportasi berbasis aplikasi. Platform ini paling sering digunakan di Asia Tenggara dan menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang, dan pembayaran menggunakan dompet digital.
Program internship Grab menawarkan tiga posisi, yakni Research and Data Analytics; System, Process, and Project Improvement; dan Creative Marketing, Campaign, and Communications. Melansir dari laman Grab, berikut tentang program magang Grab dan hal yang perlu diketahui tentang tiga lowongan tersebut:
Program magang Grab
Program magang Grab disusun untuk menyediakan pengalaman nyata yang mendukung pelamar mengaplikasikan setiap hal yang telah dipelajari dan memberi kesempatan untuk bergabung dalam memajukan daerah Asia Tenggara.Setiap anggota Grab Internship Program akan ditempatkan dalam unit bisnis/departemen, seperti GrabFood, GrabMart, GrabKitchen, 2W & Logistics, 4Wheels, GrabAds, GrabKios, GrabRentals, Product & Data Analytics, dan lainnya.
1. Research and Data Analytics
Posisi ini mengharuskan untuk melakukan riset produk dari Grab serta pasar, di mana ekspektasi tentang hasil akan mendukung inisiatif yang baru dan sedang berjalan. Selain itu, posisi ini juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan saran serta tindakan yang harus diambil untuk perkembangan produk.Dalam jangkauan proyek ini, pelamar akan bekerja dalam jangkauan (tidak limit):
- Divisi Analisis Bisnis
- Divisi Pengembangan Kota
- Divisi lainnya yang bekerja dekat dengan penelitian, data serta pekerjaan yang berhubungan dengan angka.
- IPK minimal 3,25 dan berasal dari universitas terbaik
- Mahasiswa atau lulusan baru dengan latar belakang Ekonomi, Manajemen, Teknik Industri, Statistika, atau jurusan yang memiliki kesamaan
- Mahasiswa atau lulusan baru dari jurusan yang tidak memiliki hubungan namun mempunyai pengalaman penelitian dan analisis (dari kampus atau magang sebelumnya) juga dapat diterima
- Rasa yang kuat dari pemecahan masalah dan keterampilan analitis
- Mampu menghasilkan, menganalisis, dan memperoleh wawasan dari data dan umpan balik
- Pengalaman dalam mengoperasikan Microsoft Excel, Google Spreadsheets, dan/atau alat visualisasi dan analisis data lainnya akan menjadi nilai tambah yang tinggi
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris baik secara tertulis maupun verbal
- Memahami komputer dan teknologi
2. System, Process, and Project Improvement
Posisi ini akan bertanggung jawab mengumpulkan feedback, menganalisa, dan menyediakan rekomendasi terhadap peraturan regulasi, proses, dan prosedur yang berlaku. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pada efisiensi dan efektivitas proses atau sistem kerja secara keseluruhan.Dalam jangkauan projek ini, pelamar akan bekerja dalam jangkauan (tidak limit):
- Divisi Penjamin Kualitas Proses (Process Excellence)
- Divisi Penjamin Alat dan Otomatisasi Proses (Process Tools and Automation Team)
- Divisi Peningkatan Proses Bisnis (Business Process Improvement Team)
- Divisi Operasi Perdagangan (Merchant Operations Team)
- Divisi Teknisi Teknologi (Tech Engineering Team)
Persyaratan
- IPK minimal sebesar 3.25 dan berasal dari universitas unggul
- Mahasiswa atau fresh graduate dengan latar belakang Manajemen Operasional, Teknik, Ilmu Komputer, atau jurusan yang serupa
- Mahasiswa atau fresh graduate dari jurusan yang tidak berhubungan namun memiliki pengalaman dalam bidang operasi dan analisa bisnis (dari kampus atau program magang di masa lalu) juga dapat diterima
- Memiliki kemampuan yang kuat dalam melakukan analisa dan menyelesaikan masalah
- Mampu membangun, menganalisa, dan menarik kesimpulan dari data dan feedback
- Kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel, Google Spreadsheets, dan/atau alat analisa & visualisasi data diutamakan
- Memiliki kemampuan komunikasi bahasa inggris yang kuat baik dalam tertulis maupun verbal
- Memiliki sifat computer literate dan tidak asing dengan teknologi
3. Creative Marketing, Campaign, and Communications
Posisi ini mengharuskan menyampaikan ide-ide yang berkaitan dengan tujuan kreativitas dan hubungan, seperti membuat konten kreatif, kampanye marketing, atau mengembangkan komunikasi dan strategi kerja sama baik internal maupun eksternal. Hasil ini digunakan untuk mempromosikan produk dari Grab serta mengelola reputasi dari Grab melalui relasi media dan saluran komunikasi lainnya.Dalam projek ini, pelamar akan bekerja dalam jangkauan (tidak limit):
- Divisi Kreatif
- Divisi Marketing
- Divisi Hubungan Masyarakat
- Divisi Urusan Publik (Public Affairs Team)
- Divisi Pengembangan Bisnis
- Divisi Budaya Perusahaan
- Dan banyak divisi lainnya yang bekerja dalam bidang yang sama seperti, kreatif, komunikasi dan strategi partnership
- IPK minimal 3,25 dan berasal dari universitas terbaik
- Mahasiswa atau lulusan baru dengan latar belakang Visual Communication Design (DKV), Marketing, Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Hukum, Hubungan Internasional, atau jurusan yang memiliki kesamaan
- Mahasiswa atau lulusan baru dari jurusan yang tidak memiliki hubungan namun mempunyai pengalaman dalam desain, copywriting, kampanye marketing atau kerja sama (dari kampus maupun magang sebelumnya) juga dapat diterima
- Berpengalaman dalam menggunakan alat editing foto dan video (seperti Adobe Photoshop/Adobe Illustrator), copywriting, dan atau produksi konten kreatif lainnya menjadi nilai tambah
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik secara tertulis maupun verbal
- Memahami komputer dan teknologi
Baca juga: Lima Tips Jitu Memilih Tempat Magang Sesuai Keahlian |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id