Ilustrasi sekolah. Medcom
Ilustrasi sekolah. Medcom

IDAI dan KPAI Minta Orang Tua dan Sekolah Kolaborasi Hadapi Learning Loss

Ilham Pratama Putra • 19 Agustus 2022 18:13
Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta orang tua dan sekolah berkolaborasi mengawal pendidikan anak. Hal itu diperlukan untuk menghindari besarnya learning loss yang terjadi pada masa pandemi covid-19.
 
"Pihak sekolah harus bekerja sama dengan orang tua atau wali anak untuk melakukan berbagai mitigasi bersama dalam rangka mengurangi dampak negatif kehilangan pembelajaran atau learning loss untuk masing-masing anak," kata Ketua Satgas Covid-19 IDAI, Yogi Prawira, dalam konferensi pers daring, Jumat, 19 Agustus 2022.
 
Yogi memaparkan potensi learning loss yang terjadi saat ini bersifat individual. Sehingga, diperlukan penyesuaian durasi dan metode dalam proses pembelajaran untuk setiap anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua pihak hendaknya terus menerus secara aktif menyuarakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan disiplin untuk melanjutkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk selama masa pandemi," kata Yogi.
 
Berikutnya, perilaku hidup bersih dan sehat yang sudah dibangun selama masa pandemi covid-19 harus dipertahankan. Sebab, hal itu tidak hanya bisa mencegah infeksi covid-19, namun juga mencegah penyakit infeksi lainnya yang merupakan penyebab kematian anak terbesar di Indonesia.
 
"Jadi, kebiasaan ini juga menjadi tugas kita bersama guru dan orang tua untuk menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat," tutur dia.
 
Baca juga: Optimalkan Penggunaan Teknologi Pembelajaran Meski Sekolah Sudah PTM 100%

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif