UNJ Mewisuda 3.944 Mahasiswa

Pendiri Ruangguru.com Orasi Ilmiah di Wisuda UNJ

Intan Yunelia 25 September 2018 19:05 WIB
Wisuda
Pendiri Ruangguru.com Orasi Ilmiah di Wisuda UNJ
Wisuda Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Medcom.id/Intan Yunelia
Jakarta:  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 3,944 mahasiswanya pada Selasa, 26 September 2018.  Ada yang berbeda dalam wisuda kali ini, karena menghadirkan tokoh inspirasi, pendiri Start Up Ruangguru.com sebagai penyampai orasi ilmiah di sela-sela prosesi tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Rektor UNJ, Intan Ahmad mengatakan, pihak kampus sengaja mengundang Adamas Belva Syah Devara, (28) sebagai pengisi orasi ilmiah dalam prosesi wisuda  tersebut. 

"Biasanya wisuda itu diisi berbagai wejangan dari pihak kampus, atau tokoh-tokoh masyarakat yang senior.  Tapi kali ini kami sengaja mengundang Mas Belva, sosok muda pemuda yang luar biasa menginspirasi," kata Intan ditemui usai memimpin wisuda, di Hall D Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa, 25 September 2018.

Belva, merupakan salah satu pendiri Ruangguru.com, Start Upyang fokus bergerak di bidang teknologi dan pendidikan.  "Pengalaman-pengalaman Mas Belva dalam usia muda tapi sudah memiliki passion, determinasi, punya latar belakang pendidikan yang solid, kiranya sanggup memberikan motivasi kepada para lulusan kami," ujar Intan. 

Intan yang juga Plt. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (belmawa), Kemenristekdikti ini dalam kesempatan yang sama  mengatakan, dirinya baru saja menghadiri pertemuan negara-negara anggota G20 beberapa waktu lalu.  Dalam acara tersebut turut dibahas mengenai Pendidikan Untuk Semua (PUS), terutama bagaimana negara melalui lembaga pendidikannya harus mampu memberikan pengetahuan literasi digital kepada generasi mudanya.  

"Kemarin itu disampaikan, kita perlu belajar dan mengembangkan literasi data digital, dan soft skillsdi sekolah dan kampus," terang Intan.

Baca: Bisnis Sambil Kuliah Bukan Penghalang Prestasi

Untuk itu lah revitalisasi LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) seperti UNJ sangat penting untuk terus dilakukan.  Sebab LPTK merupakan tempat diproduksinya guru-guru yang berkualitas.

"Kita mempersiapkan guru-guru berkualitas.  Sebab di era revolusi industri 4.0 ini guru harus awareterhadap 4.0, bahkan sejak dini harus sudah diberi pemahaman," tutur Intan. 

Untuk diketahui, dari 3.944 wisudawan, sebanyak 428 orang di antaranya merupakan lulusan dari program diploma (D3). Kemudian Program sarjana sebanyak 2.809 orang, program magister S2 sebanyak 609 orang, dan dotoral S3 sebanyak 98 orang .  


(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id