Suasana ujan seleks mandr Unair. Foto: Dok. Unair
Suasana ujan seleks mandr Unair. Foto: Dok. Unair

Ujian Mandiri Unair Berlangsung Hingga 30 Juni 2021

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Perguruan Tinggi UNAIR
Citra Larasati • 28 Juni 2021 19:27
Jakarta:  Usai menggelar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Airlangga (Unair) memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa yang belum berhasil lolos pada Jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk mengikuti seleksi jalur Mandiri. Seleksi jalur Mandiri Unair berlangsung sejak 26-30 Juni 2021.
 
Di tengah berlangsungnya ujian hari kedua, Senin 27 Juni 2021, Rektor Unair, Mohammad Nasih bersama jajaran pimpinan memantau langsung proses pelaksanaan ujian. Tercatat, seleksi yang diikuti oleh 10.000 lebih peserta itu berjalan dengan baik dan lancar.
 
“Syukur alhamdulillah pada seleksi Mandiri kali ini, jumlah pendaftar sangat tinggi. Ini menjadi salah satu indikasi bahwa proses persaingan sangatlah ketat. Mengingat, dari sepuluh ribu lebih pendaftar, hanya tiga ribuan yang bisa kami terima,” ujar Nasih di depan awak media yang dijumpai di Gedung Airlangga Convention Center, dikutip dari laman Unair.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Nasih juga menegaskan bahwa protokol kesehatan yang ketat juga tetap dijaga oleh peserta dan pengawas ujian. Baik dari persiapan ujian hingga ujian berlangsung. Peserta ujian jalur Mandiri, tambahnya, diwajibkan untuk membawa surat keterangan bebas covid-19.
 
“Kasus covid-19 yang tengah naik di tengah ujian Mandiri kali ini memang tidak terprediksi. Bayangan kami, kondisi covid-19 sama dengan saat SBMPTN. Meski demikian, kami siap untuk lakukan antisipasi dengan baik agar tidak ada kasus penularan pada proses ujian kali ini,” paparnya.
 
Baca juga:  26 Ribu Siswa Ikuti Ujian Mandiri Masuk Unpad
 
Nasih juga menjelaskan bahwa pada ujian jalur Mandiri, Unair memberikan kesempatan bagi peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) untuk mendaftar secara gratis. Bahkan, jika dinyatakan diterima pada seleksi ini, peserta KIP Kuliah juga akan menjalankan kuliah secara gratis sebagaimana mestinya.
 
Pada prinsipnya, meski ujian Mandiri juga diikuti peserta KIP Kuliah, mereka yang reguler dan pemegang KIP-K semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi bagian dari UNAIR. “Kami menjaring atau menyeleksi dari hasil nilai terbaik peserta,” pungkasnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif