SDN Cirimekar 02 yang roboh sejak 1 Januari 2020.  Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
SDN Cirimekar 02 yang roboh sejak 1 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

SD di Cibinong Roboh, Siswa Belajar di Tenda Darurat

Pendidikan sekolah ambruk sekolah rusak
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Januari 2020 12:41
Bogor: Sebanyak 203 Siswa SDN Cirimekar 02, Cibinong, Bogor hari ini terpaksa harus belajar di bawah tenda darurat, usai satu unit bangunan sekolah roboh. Diketahui satu unit bangunan ini roboh usai diguyur hujan lebat dan tak henti pada 1 Januari 2020.
 
"Pas tanggal 1 Januari 2020 pukul 04.30 WIB (dini hari), pada saat itu hujan deras, ada petir menurut informasi yang terdekat begitu. Jadi langsung bruk saja," kata Kepala Sekolah SDN Cirimekar 02, Siti Choeriah di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin, 6 Januari 2020.
 
Tercatat dalam satu unit bangunan sekolah yang roboh itu terdapat lima ruang. Terdiri dari tiga ruang kelas, satu ruang guru, dan satu ruang IT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun proses pembelajaran saat ini, kata Siti, belum kondusif. Meski begitu, siswa tetap masuk sekolah sesuai jadwal usai libur akhir semester berakhir.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id,para siswa melakukan kegiatan belajar di bawah tenda biru. Mereka diajak bernyanyi, seperti "Marina Menari di atas Menara".
 
"Ini masih kondisi darurat lah dan belum bisa digunakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sebagaimana mestinya. Anak-anak pun masih mengembalikan trauma saja, psikologisnya. Insya Allah besok sudah belajar," terangnya.
 
Nantinya, KBM SDN Cirimekar 02 akan dilaksanakan di SDN Cirimekar 01. Dijadwalkan KBM untuk siswa yang menggungsi dimulai siang hingga sore hari bergantian dengan siswa SDN Cirimekar 01.
 
Hal tersebut kata Siti sudah dikomunikasikan dengan wali murid. "Ini karena baru pertama kali masuk, maka komunikasi sudah dilakukan lewat WA (Whatsapp) Grup. Sudah dilaporkan, dan mereka juga udah tanya ini gimana kelanjutannya. Tapi sudah disampaikan untuk sabar, kita akan alihkan ke Cimekar 01. Insya Allah sudah pada paham," terangnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim akhirnya menyambangi sekolah SDN Cirimekar 02, Cibinong, Kabupaten Bogor. Sekolah ini roboh usai diterjang hujan lebat sejak 1 Januari 2020 lalu.
 
Tiba di lokasi, Nadiem langsung melihat unit bangunan yang roboh. Usai melihat kondisi bangunan mendikbud langsung menyapa siswa yang sedang belajar di tenda darurat.
 
Saat menyapa siswa, Nadiem meminta anak-anak untuk bersabar dengan musibah yang menimpa sekolahnya. Ia berharap peristiwa ini tak membuat kegiatan belajar mengajar di hari pertama sekolah setelah liburan akhir semester menjadi terganggu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif