Podomoro University menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam acara Good French 2019 di Asia, Medcom.id/Citra Larasati.
Podomoro University menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam acara Good French 2019 di Asia, Medcom.id/Citra Larasati.

Podomoro University Kirim Mahasiswa Magang ke Prancis

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 25 Maret 2019 18:32
Jakarta: Podomoro University membuka peluang bagi mahasiswanya untuk magang di berbagai industri. Tidak hanya di dalam negeri, bahkan hingga keluar negeri seperti Prancis.
 
Ketua Prodi Bisnis Perhotelan, Podomoro University, Michael Yadisaputra mengatakan, pihaknya telah mengirim sekitar 15 mahasiswa sejak 2014 untuk mengikuti program magang di Prancis. Setiap pelamar program magang akan diseleksi langsung oleh user yang berasal dari Prancis.
 
"Mereka akan di-interview dalam bahasa Prancis, dan diuji kompetensi di bidang yang mereka pilih," kata Michael.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Michael, Prancis merupakan negara yang tepat untuk belajar sambil praktik kerja di bidang kuliner dan perhotelan. Prancis memiliki akar budaya di bidang perkulineran yang sangat kuat.
 
"Secara tidak langsung itu juga meng-influence dunia kuliner di Indonesia," ujar Michael.
 
Baca:Wah, Penerima Beasiswa OSC Bisa Magang di Media Group
 
Michael menyebutkan, magang di negara yang menjadi kiblat kuliner (selain fashion) dunia seperti Prancis memberi banyak manfaat. Seperti mempercepat mahasiswa dalam mempelajari budaya masyarakat Prancis.
 
"Mahasiswa juga bisa memperdalam bahasa Prancis dengan praktik langsung bersama native speaker di sana, serta bagaimana cara melayani dan menerima keluhan tamu," terangnya.
 
Tidak hanya itu, mahasiswa juga mungkin saja akan direktut oleh perusahaan, hotel ataupun restoran tempat mereka magang. "Kalau di Indonesia, sebagian besar mahasiswa biasanya diserap di tempat kami (di salah satu kelompok usaha Podomoro)," sebutnya.
 
Baik di dalam ataupun di luar negeri, kesiapan kompetensi mahasiswa saat terjun ke lapangan kerja selalu menjadi perhatian PU. Untuk itu berbagai program juga kerap digelar PU sebagai media untuk mahasiswa mempraktikkan apa yang dipelajari di dalam kelas.
 
Salah satunta melalui program Good French yang belum lama ini digelar. Melalui Program Studi Bisnis Hotel, PU menjalin kerja sama bidang kebudayaan dan pendidikan dengan Institut Français Indonesia (IFI).
 
Good French merupakan rangkaian acara festival internasional gastronomi Prancis yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia di setiap Maret 2019. Podomoro University menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam acara Good French 2019 di Asia.
 
"Kami memberikan pembelajaran berwawasan global kepada mahasiswa, serta mengikuti perkembangan tren gastronomi Prancis yang sedang naik daun di Indonesia. Kami berkolaborasi dengan IFI menggelar Good French 2019," kata Michael.
 
Gelaran Good French 2019 di kampus ini menjadi istimewa karena dihadiri Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet, bersama istri, Caroline Berthonnet, serta model senior terkenal, Poppy Dharsono, yang juga Ketua Alumni Prancis. Para tamu didampingi Kepala Bagian Kerja Sama Podomoro University, Edvi Gracia, pengurus Yayasan Pendidikan Agung Podomoro, Rektorat Universitas, serta pejabat terkait lainnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif