Ilustrasi. Foto: MI/Agus Utantoro
Ilustrasi. Foto: MI/Agus Utantoro

Kelulusan SMA, Ijazah Dipaketkan Ke Rumah

Pendidikan kelulusan siswa
Ilham Pratama Putra • 02 Mei 2020 11:28
Jakarta: SMA Negeri 1 Tangerang mengirimkan ijazah dan dokumen kelulusan ke rumah masing-masing siswa-siswinya melalu jasa pengiriman paket. Keputusan ini diambil pihak SMAN 1 Tangerang guna menghindari pengambilan ijazah secara langsung di sekolah.
 
“Iya ijazah dan dokumen kelulusan dikirimkan ke rumah, dan pengumuman kelulusannya secara online,” kata salah seorang siswi SMAN 1 Tangerang, Windy Putri Iryanto kepada Medcom.id, Sabtu, 2 Mei 2020.
 
Bagi Windy, momentum kelulusan SMA saat PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) ini merupakan pengalaman yang menyedihkan. Sebab, dia harus mengurungkan niat perayaan kelulusan bersama teman seangkatannya di sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Kelulusan SMA Saat PSBB, Berpisah Tanpa Kenangan
 
Lebih dari itu, dalam beberapa minggu terakhir dirinya juga merasa kehilangan kebersamaan dengan guru dan temannya. Karena, kegiatan tatap muka di SMAN 1 Tangerang juga telah ditiadakan sejak imbauan belajar dari rumah oleh pemerintah setempat.
 
“Sedih sudah pasti, karena banyak momen yang terlewatkan. Contohnya waktu ketemu dan kumpul bareng teman jadi berkurang,” lanjut dia.
 
Siswi yang berangan melanjutkan kuliah di Fakultas Komunikasi, Universitas Padjadjaran (Unpad) ini pun harus kehilangan upacara kelulusan yang digelar sekolah atau graduation. Padahal, Windy telah menyiapkan pakaian khusus untuk acara tersebut.
 
“Kalau graduation moment itu kan langka dan ditunggu-tunggu. Dan itu juga belum ada kepastian bakal jadi atau enggak,” jelas Windy.
 
Baca juga:Siswa SMA Tunda Rayakan Kelulusan 2020
 
Namun, dia berpendapat jika rencana itu sudah semestinya dibatalkan pada tahun ini. Menurutnya, larangan untuk tidak berkumpul merupakan bagian dari menjaga kesehatan seluruh pihak.
 
“Perayaan mungkin bisa dilakukan dengan cara lain. Tidak harus berkumpul tapi mungkin bisa video call sama temen-temen,” sambungnya.
 
Yang terpenting kata Windy, lulusan tahun 2020 harus tetap semangat meski kehilangan momentum sekali seumur hidup ini. Dia mengingatkan, lebih baik para lulusan memikirkan langkah selanjutnya setelah lulus dari bangku SMA.
 
“Harus tetep semangat dan fokus belajar karena masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Semua cobaan yang kita alami ini untuk membentuk kita agar menjadi lebih baik dan tegar. Pokoknya semangat buat angkatan 2020, kita kuat,” serunya.
 
Nantinya pengumuman kelulusan SMAN 1 Tangerang dapat diakses pada laman https://sman1tangerang.sch.id/. Cerita Windy terkait ijazahnya yang telah dikirimkan ke rumahnya telah viral di media sosial Instagram.
 
Setidaknya video yang dia unggah pertama kali lewat akun Tiktok @windyiryanto1 telah diunggah ulang oleh beberapa akun di Instagram. Salah satunya akun @Infosbmptn, dengan jumlah penonton hingga 121.974 orang pada pukul 06.30 WIB, 2 Mei 2020.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif