Ilustrasi. Foto: ANT/Wira Suryntala
Ilustrasi. Foto: ANT/Wira Suryntala

Siswa SMA Tunda Rayakan Kelulusan 2020

Pendidikan Virus Korona kelulusan siswa
Ilham Pratama Putra • 02 Mei 2020 10:59
Jakarta: Pengumuman kelulusan jenjang SMA dan SMK dilakukan hari ini, Sabtu, 2 Mei 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan kelulusan SMA dan SMK hari ini diprediksi tak semarak biasanya. Perayaan yang biasanya diwarnai corat-coret dan konvoi berganti menjadi hanya lewat media daring, saling mengirim pesan atau sebatas video call.
 
SMAN 1 Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat misalnya. Para siswa harus menunda perayaan kelulusan mereka hingga Juni 2020. Sebab, kota Bogor menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus korona (covid-19).
 
Baca juga:Kelulusan SMA Saat PSBB, Berpisah Tanpa Kenangan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Acara perpisahan sekolah juga mesti diundur sampai Juni. Itu juga kalau wabah virusnya selesai," kata salah seorang siswa SMAN 1 Tajurhalang, Bogor Joy Apriano Sinulingga, kepada Medcom.id, Sabtu, 2 Mei 2020.
 
Kebiasaan perayaan antarsiswa dengan corat-coret seragam hingga konvoi sepeda motor pun mesti diurungkan pada hari pengumuman kelulusannya. Hari ini, Joy bersama teman seangkatannya harus bertahan di rumah masing-masing.
 
"Tahun ini pengumuman kelulusan enggak berkesan, karena enggak bisa ketemu sama temen-teman di akhir sekolah," jelas Joy.
 
Baca juga:Pengumuman Kelulusan SMK di Jakarta Dilakukan Daring
 
Namun, Joy dan teman-temannya mencoba berdaptasi untuk mengganti kebiasaan corat-coret dan konvoi itu. Dia menyebut perayaan akan digelar di rumah masing-masing dengan saling berkabar via daring.
 
"Mungkin cuman chatting-an atau video call-an. Karena wabah virus ini, rencana yang udah disusun gagal. Mau ke villa juga batal gara-gara wabah covid-19," terangnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif