Ilustrasi. ruang perawatan di Wisma Atlet Jakarta. Foto: Antara
Ilustrasi. ruang perawatan di Wisma Atlet Jakarta. Foto: Antara

200 Relawan Mahasiswa Bantu Tangani Pasien Korona di Wisma Atlet

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 01 April 2020 14:41
Jakarta: Sebanyak 200 relawan kemanusiaan dari unsur mahasiswa disalurkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Mereka akan terjun langsung membantu penanganan pasien virus korona (covid-19) yang berada di Wisma Atlet.
 
"200 relawan itu terdiri dari nurse, nurse spesialis, dan akan bekerja di Wisma Atlet (Jakarta) yang akan langsung menangani pasien," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Aris Junaidi, di Jakarta, Rabu, 1 April 2020.
 
Aris mengatakan, tugas para mahasiswa yang menjadi relawan ini sesuai protokol yang diterapkan Kemenkes. Aris mengungkapkan, jika penyaluran relawan dilakukan bertahap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Distribusi penugasan juga akan terus dikembangkan. Harapannya dari jumlah yang sekarang nantinya masing-masing relawan mampu memegang 10 klien atau pasien," ujarnya.
 
Baca:Kegiatan Mahasiswa Relawan Covid-19 Dikonversikan ke SKS
 
Sekitar seribu mahasiswa relawan kemanusiaan juga disalurkan kepada tim teknologi informasi penanganan virus korona. Mereka akan diperbantukan mengelola informasi kepada masyarakat. "Disubmisikan pada enam wilayah," terang Aris.
 
Selain itu, ada 225 mahasiswa lainnya yang ditempatkan membantu pelayanan call center.Total sekitar 15 ribu mahasiswa yang bergabung dalam relawan penanganan covid-19 dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Nantinya, mereka akan bertugas membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. Para tenaga muda ini disiapkan membantu program-program Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, dan melayani call center. Selain itu juga menyiapkan diri sebagai tenaga bantuan dalam kondisi darurat sesuai kompetensi dan kewenangannya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif