Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Zoom
Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Zoom

IPB University Siap Rekrut Jebolan Beasiswa LPDP untuk Jadi Dosen

Pendidikan lpdp Beasiswa LPDP Dosen IPB
Citra Larasati • 01 Mei 2022 11:44
Jakarta:  Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengajak lulusan penerima beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk berkarier sebagai dosen di kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat tersebut.  Para jebolan LPDP yang menjadi dosen juga diharapkan dapat mengembangkan riset kekinian menjawab berbagai persoalan strategis.
 
Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, bahwa sebagai PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum), instansinya mendapatkan tantangan baru dalam pengembangan SDM. Hal ini dikarenakan jatah PNS saat ini sudah mulai langka.
 
Ia menilai bahwa LPDP merupakan salah satu lembaga kredibel dalam menyeleksi lulusan terbaik Indonesia. Dengan kerja sama yang terjalin, secara otomatis akan meringankan tugas perguruan tinggi untuk merekrut lulusan terbaik Indonesia yang berkarier di IPB University.
 
"Maka dari itu saya ingin mengajak para lulusan untuk bisa bergabung di IPB University untuk bidang-bidang yang kita perlukan,” kata Arif dalam webinar kolaborasi “LPDP dan IPB University: One Step Ahead with PTNBH”, dilansir dari siaran pers, Minggu, 1 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui program rekruitmen ini diharapkan lulusan yang ikut bergabung memiliki mental pembelajar.  “Jadi aspek soft skills dan karakter menjadi aspek yang sangat penting. Karena para dosen ini akan terus berjumpa dengan mahasiswa sehingga harus menjadi role model bagi orang-orang yang memiliki karakter ingin terus berkembang,memiliki kompetensi dan karakter kuat sebagai pembelajar. Kami berharap lulusan terbaik dapat bergabung dengan IPB University untuk mendampingi mahasiswa,” tambahnya.
 
Para lulusan yang bergabung juga diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan baru karena menghadapi generasi milenial dengan berbagai karakter. 
 
Dalam webinar tersebut juga diulas kerja sama penyaluran alumni LPDP untuk berkarier sebagai dosen di lingkungan IPB University.  Materi yang diulas adalah mengenai proses rekrutmen, kemampuan dan keahlian diri yang diperlukan untuk berkarier pada PTN BH terutama di IPB University, serta pengembangan dan tantangan berkarier pada PTN BH. Sosialisasi ini juga digelar dalam rangka meningkatkan pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) di IPB University.
 
Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso menyambut hangat kerja sama yang terjalin antara IPB University dengan LPDP. Ia mengatakan tidak semua awardee LPDP telah memiliki karier.
 
Sebagian besar angkanya masih didominasi oleh lulusan baru yang baru mulai menata masa depannya.  Ia berharap para awardee LPDP dapat diarahkan untuk soft landing sebagai tenaga pendidik di PTN BH. Sehingga LPDP tidak hanya membantu para lulusan mendapatkan gelar namun berkontribusi dan berkarya bagi bangsa ini.
 
Baca juga:  Pendaftar Beasiswa LPDP, Ini Komponen Proposal Penelitian yang Tepat
 
Maka dari itu, ia merasa perekrutan awardee LPDP dapat menjadi modal kolaborasi dengan perguruan tinggi dan lembaga lainnya.  “Sejauh ini LPDP telah menyalurkan hampir 30 ribu beasiswa. Setiap tahun menyalurkan 4 ribu sampai dengan 7 ribu beasiswa. Kami tidak puas hanya menghasilkan orang-orang dengan gelar S2 atau S3, lebih dari itu. Kami mengharapkan mereka bisa memberikan dampak dan karya yang maksimal untuk bangsa,” terangnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif