Ilustrasi. MI/Gino Hadi
Ilustrasi. MI/Gino Hadi

FSGI: Guru Mementingkan Murid, Bukan Birokrasi

Pendidikan Kualitas Pendidikan Kualitas Guru
Ilham Pratama Putra • 07 April 2020 07:56
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim meminta guru lebih fokus terhadap kepentingan murid. Guru tak boleh lebih mementingkan urusan birokrasi.
 
"Guru itu harusnya menghamba pada kepentingan anak. Bukan kepentingan birokrasi. Agar berjalan, birokrasi di daerah juga harus di 'merdeka'-kan," kata Satriwan kepada Medcom.id, Senin, 6 April 2020.
 
Satriwan mengatakan esensi program merdeka belajar belum masuk ke daerah. Bahkan, dia masih menemukan guru di Jakarta yang belum memahami konsep merdeka belajar untuk urusan administrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:'Kriteria Ketuntasan Minimum' Kerap Membuat Siswa Tinggal Kelas
 
Ia mencontohkan kebijakan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat satu lembar. "Banyak guru kita yang terbebani. Padahal maksudnya kan konsepnya bapak ibu bikin RPP walaupun hanya satu lembar tidak apa-apa," jelasnya.
 
Persoalan administratif juga masih menjadi beban guru ketika melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kewajiban ini justru membuat konsentrasi guru mengajar murid dengan baik menjadi hilang.
 
"Jadi yang kecil-kecil ini harus diperhatikan hingga ke akarnya untuk menyelesaikan hal-hal administratif," ujarnya.
 
Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mampu meringankan beban administrasi guru. Sebab, beban administrasi bisa menghambat proses kegiatan belajar mengajar.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif