Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

UN Diganti AN, Kemendikbud-Kemenag Diminta Siapkan Skema Baru PPDB

Pendidikan Ujian Nasional Kebijakan pendidikan Program Pendidikan Asesmen Nasional
Ilham Pratama Putra • 04 Januari 2021 12:16
Jakarta: Ujian Nasional (UN) diganti dengan Asesmen Nasional (AN) mulai tahun ini. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pun meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (kemenag)  menyiapkan skema anyar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 
Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK) Agus Sartono, mengatakan, pada 2020, UN ditiadakan dan belum ada AN. PPDB kala itu hanya mensyaratkan nilai rapor.
 
"Juni nanti menyangkut dengan penerimaan siswa baru, dengan ditiadakannya UN, saya kira Kemendikbud juga Kemenag harus sudah mulai mensosialisasikan juga ini bagaimana dasar penerimaan siswa baru," kata Agus dalam webinar Ngopi Seksi Outlook Pendidikan Indonesia 2021, Minggu, 3 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Agus, skema baru PPDB perlu cepat disusun dan disosialisasikan. Jika terlambat, maka akan membuat bingung warga pendidikan. Malah, kata dia, dikhawatirkan akan membuat kegaduhan seperti PPDB 2020.
 
Baca: Pekan Ini, Pemerintah Bahas Evaluasi Kebijakan Membuka PTM
 
"Saya kira ini isu yang kelihatannya sederhana, tapi harus kita antisipasi betul karena kalau tidak, ini akan akan menimbulkan kegaduhan dipublik," tutur dia.
 
Agus mengatakan, skema AN punya tantangan tersendiri, yakni memastikan peserta didik agar serius dalam mengisi soal tes. AN tidak boleh dianggap sepele karena sangat menentukan kualitas satuan pendidikan.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif